• Headline News

    Friday, July 29, 2022

    Gandeng Dinkes dan PMI, Jemaat GPM Labuang Gelar Periksa Darah dan Pengobatan Massal

    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Namrole, Kompastimur.com

    Bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dan Palang Merah Indonesia Kabupaten Bursel, Majelis Jemaat GPM Labuang menggelar kegiatan periksa golongan darah gratis dan pengobatan massal bagi ratusan warga jemaat GPM Labuang.


    Kegiatan yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel Wa Yeni, Sekretaris PMI Kabupaten Bursel Yusri Usbi, Dokter Elin Luhulima dan Ketua Majelis Jemaat GPM Labuang Pdt HR Lessil itu berlangsung di Gedung Serbaguna Jemaat GPM Labuang, Kamis (28/07/2022).


    Kadis Kesehatan Kabupaten Bursel, Wa Yeni dalam sambutannya mengatakan, sangat berterima kasih kepada seluruh Majelis Jemaat GPM Labuang yang turut menaruh perhatian serius terhadap masalah kesehatan.


    "Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Pendeta, staf dan seluruh warga jemaat sehingga kegiatan ini bisa terlaksana," kata Wa Yeni.


    Menurutnya, setelah rencana pelaksanaan kegiatan ini dikoordinasikan oleh Ibu Pendeta dan Majelis Jemaat GPM Labuang dengan pihaknya, pihaknya sangat menyambutnya dengan baik.



    Ia mengaku sangat berterima kasih atas peran Majelis Jemaat GPM Labuang dalam persoalan-persoalan kesehatan masyarakat seperti ini. Sebab, pihaknya tidak bisa melaksanakan program-program pro kesehatan masyarakat sendirian, tetapi juga membutuhkan peran berbagai stakeholder lainnya, termasuk lembaga keagamaan.


    Sebab, dengan dilaksanakannya kegiatan-kegiatan seperti ini di diharapkan derajat kesehatan warga Jemaat GPM Labuang maupun masyarakat Bursel secara menyeluruh bisa meningkat.


    "Kami berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini, tapi kami berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan berkelanjutan dan bisa dilakukan juga oleh Angkatan Muda ataupun sektor dan lain-lain dan kami pun akan meresponi itu secara baik," ucapnya.


    Terlebih lagi, selain melakukan pengobatan massal, turut dilakukan juga pemeriksaan golongan darah gratis.


    "Pemeriksaan darah ini sangat baik sekali karena ketika ada yang butuh donor darah, tinggal bisa dihubungi untuk bisa membantu. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi kita semua, terutama warga jemaat GPM Labuang," tuturnya.


    Sementara itu, Sekretaris PMI Kabupaten Bursel, Yusri Usbi dalam sambutannya mengatakan, PMI telah hadir di Kabupaten Bursel sejak tahun 2011 lalu dan saat ini PMI Kabupaten Bursel baru memiliki dua kali periodesasi kepengurusan. Dimana, dala perjalannya PMI telah dua kali melaksanakan kegiatan semacam ini, yakni di Desa Lektama dan di RSU Namrole.



    Ia mengaku sangat berterima kasih kepada Majelis Jemaat GPM Labuang yang sudah turut memberi perhatian bagi masalah kesehatan di daerah ini serta menyelenggarakan kegiatan ini.


    "Alhamdulillah, melalui jemaat GPM Labuang bisa bekerja sama untuk melakukan pemeriksaan darah. Kami mengucapkan terima kasih karena telah mendahului kami," katanya.


    Bahkan, lanjut Yusri, Majelis Jemaat GPM Labuang adalah lembaga keagamaan pertama yang bekerja sama dengan PMI Kabupaten Bursel dalam perjalanan PMI di Kabupaten Bursel selama ini.


    "Ini lembaga keagamaan pertama yang melakukan kerja sama dengan kami yang melakukan pemeriksaan darah. Padahal, dinas terkait yang punya kaitan dengan PMI seperti Badan Bencana Alam Daerah juga belum pernah melakukan kerja sama dengan kami," ucapnya.


    Sedangkan Ketua Majelis Jemaat GPM Labuang, Pdt HR Lessil dalam sambutannya menjelaskan, Gereja dalam tanggung jawab pelayanan tidak hanya fokus pada masalah spiritual semata tetapi juga kepada masalah kesehatan dan juga pendidikan. 



    "Dalam beberapa kesempatan kita melakukan pemeriksaan kesehatan bagi para lansia dan hari ini kita tergelisahkan untuk melakukan pemeriksaan darah karena dalam beberapa kondisi di Bursel ini sering kali kekurangan pendonor darah," kata Lessil.


    Dimana, kegiatan ini merupakan program jemaat GPM Labuang yang dicetuskan dalam agenda Sidang Jemaat GPM Labuang beberapa waktu lalu.


    "Dalam sidang jemaat kita telah sepakat untuk membentuk sahabat pendonor, dan melalui kegiatan saat ini kita bisa membentuk sahabat pendonor," jelasnya.


    Ia pun berharap agar kerja sama positif seperti ini akan terus terpelihara kedepannya sebagai kontribusi bersama membangun derajat kesehatan masyarakat di daerah ini.


    "Biarlah kita akan selalu membangun kerja sama untuk membangun Bursel agar lebih baik lagi kedepan," tuturnya.



    Untuk diketahui, kegiatan ini mendapatkan antusias luar biasa dari warga jemaat GPM Labuang, baik anak-anak, orang dewasa dan bahkan lansia yang turut datang mengikuti kegiatan yang juga diawali dengan berbagai himbauan kesehatan yang disampikan oleh Dokter Elin Luhulima itu.


    Kegiatan ini merupakan program Jemaat GPM Labuang, khususnya pada Seksi Seksi Pekabaran lnjil dan Pelayanan Kasih (PIPK) yang dikoordinir oleh Penatu Ea Maluku, Penatua Yeni Latuwael, Penatua Jemi Liligoly, Penatua Nova Bigajir, Diaken Nando Ferdinandus, Diaken Wil Lesnussa dan Diaken Rivano Pelatu. (KT-01)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gandeng Dinkes dan PMI, Jemaat GPM Labuang Gelar Periksa Darah dan Pengobatan Massal Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top