• Headline News

    Tuesday, July 5, 2022

    Aziz Ingin : Akan Lahir Pemain Sepakbola Nasional dari Buru

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Namlea, Kompastimur.com 
    Anggota DPRD Maluku dari dapil Buru - Bursel, menginginkan ditata  sistim pembinaan sepakbola bagi anak-,anak dan remaja sehingga akan muncul kembali pemain nasional dari daerah itu.


    Kepada wartawan di Namlea, kemarin, Aziz Hentihu yang digadang-gadang bakal menjadi calon kuat Bupati Buru di pilkada 2024 nanti, berkeinginan kuat menata kembali bibit sepakbola dengan sistim pembinaan usia dini 

    Kata Aziz, bahwa masa depan sepakbola itu sangat ditentukan oleh sistim pembinaan di usia muda, misalnya di usia 8 tahun sampai 15 tahun.


    "Nah itu kalau dibina dengan baik, dilatih dengan baik, ada wadah sekolah sepakbola , lalu sistim kompetisi juga ada bagi usia anak-anak dan remaja,  nantinya akan nampak paling lambat di usia 15-19 tahun," ujar Aziz.


    Untuk itu, Aziz berharap semua urun rembuk untuk mendukung sistim pembinaan sepakbola dari usia anak dan remaja di Kabupaten Buru.Dukungan itu juga harus datang dari pemerintah dan legislatif.


    Sebagai anggota legislatif yang juga punya hobi sepakbola, selama ini Aziz selalu menyingsingkan lengan baju untuk membantu event-event sepakbola di daerah itu.


    Namun Aziz mengakui, ia masih belum puas kalau sistim pembinaan sepakbola di Kabupaten Buru tidak ditata dengan baik.


    Era Salim Alkatiri, dan Ely Idris sc asal dari Buru yang pernah berkiprah sebagai pemain nasional PSSI, kini nyaris sudah tidak lagi terdengar nama pemain nasional dari Buru.


    "Kita inginkan akan muncul pemain-pemain muda nasional yang asalnya mewakili kabupaten Buru," harap Aziz.


    Selain pembinaan bibit-bibit muda, Aziz juga mendambakan di Namlea, kota Kabupaten Buru sudah harus ada stadion sepakbola yang memadai.


    Akuinya, sampai saat ini dambaan stadion yang memadai itu masih belum ada.


    Kompetisi selama ini hanya menggunakan lapangan-lapangan sepakbola yang konvensional yang ada di beberapa desa.


    Kata Aziz, sesungguhnya pemain muda dari Kabupaten Buru banyak yang potensial.


    Hanya saja tidak ditopang dengan fasilitas pendukung dan penunjang lainnya, misalnya agar bisa mengikuti ivent di Ambon dan di luar Maluku.


    "Ini yang masih menjadi kendala.Ini tanggungjawab utamanya ada di PSSI, lalu ada KONI dan kita semua," tutur Aziz.


    Lebih lanjut dijelaskan, hal-hal substansi seperti disampaikannya belum dimanajemen dengan baik.Mulai dari fasilitas, pembiayaan dan sistim pembinaan sejak anak dan remaja , lalu iklim kompetisinya.


    "Kita belum punya jadwal tetap kompetisi di usia belasan tahun, senior, kemudian event-event di Indonesia ada banyak tapi tidak bisa kita ikuti," akui Aziz .


    "Untuk m ngikuti kompetisi divisi III saja susahnya minta ampun.Kita mesti patungan. Setiap tahun ada dana hibah  tinggal kita maksimalkan. Kemudian ada pengusaha-pengusaha pencinta sepakbola juga sebaiknya ikut diberdayakan membina sepakbola," tutup Aziz. (LTO)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Aziz Ingin : Akan Lahir Pemain Sepakbola Nasional dari Buru Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top