• Headline News


    Wednesday, June 8, 2022

    KPK Jadikan Tagop Penghuni Rutan Ambon

    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Ambon, Kompastimur.com

    Mantan Bupati Buru Selatan Tagop Sudarsono Soulissa digiring oleh Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke rutan Kelas II A Ambon di Waeheru Kecamatan Baguala Kota Ambon Provinsi Maluku Rabu 8 Juni 2022.


    Tagop tak sendiri, tetapi orang kepercayaan Tagop Johny Rynhard Kasman turut digiring ke Ambon. Namun, berbeda dengan Tagop, Johny dititipkan di Rutan Polda Maluku.


    Keduanya telah ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) penerimaan suap dan gratifikasi terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan tahun 2011 s/d 2016.


    Berkas kedua Tersangka telah dinyatakan lengkap dan siap masuk Pengadilan Tipikor Ambon.


    Dengan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-640 dari Jakarta, kedua tahanan lembaga rasua ini tiba di Bandara Pattimura Ambon sekitar pukul 08.30 WIT.


    Kedatangan kedua tahanan KPK ini mendapat pengawalan personil gabungan yang melibatkan Kejaksaan Tinggi Maluku, TNI Angkatan Udara dan Polsek Kawasan Bandara Pattimura Ambon.


    Tagop dan orang kepercayaannya Johny terlihat turun dengan menggunakan rompi orange bertuliskan Tahanan KPK ini langsung dijemput oleh pegawai Kejaksaan Tinggi Maluku menuju Mobil Tahanan Kejaksaan.


    Selanjutnya sekitar pukul 09.00 WIT Tim Kejaksaan Tinggi Maluku membawa kedua tahanan KPK meninggalkan Bandara Pattimura Ambon.


    Juru Bicara KPK, Ali Fikri kepada media ini via pesan WhatsApp, Rabu (08/06/2022) mengaku bahwa Tim Jaksa telah selesai melakukan pemindahan kedua tahanan KPK itu.


    "Hari ini Tim Jaksa telah selesai melakukan pemindahan tempat penahanan Terdakwa Tagop Sudarsono Soulisa dan Johny," kata Fikri.


    Lanjut Fikri, Terdakwa Tagop Sudarsono Soulisa di tahan di Rutan Klas II A Ambon dan Terdakwa Johny Rynhard Kasman ditahan di Rutan Polda Ambon. 


    "Selama proses pemindahan para Terdakwa dilaksanakan pengawalan ketat oleh Tim Pengawal Tahanan KPK dengan didampingi pengawalan anggota Kepolisian," ucapnya.


    Fikri menjelaskan, pemindahan tempat penahanan tersebut dalam rangka persiapan persidangan di Pengadilan Tipikor pada PN Ambon.


    "Pelimpahan berkas perkara dan surat dakwaan segera akan dilakukan oleh Tim Jaksa KPK," tuturnya.


    Berkas perkara tersangka mantan Bupati Buru Selatan (Bursel) dua periode, Tagop Sudarsono Soulissa (TSS) dinyatakan lengkap bersamaan dengan tersangka lainnya yang juga orang kepercayaannya, Johny Rynhard Kasman (JRK) dalam perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) penerimaan suap dan gratifikasi terkait proyek pekerjaan infrastruktur di Kabupaten Buru Selatan tahun 2011 s/d 2016.


    "Hari ini Tim Penyidik telah melaksanakan Tahap II (penyerahan Tersangka dan barang bukti) untuk Tsk TSS dkk pada Tim Jaksa karena atas pemeriksaan seluruh isi berkas oleh Tim Jaksa kemudian dinyatakan lengkap," kata Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri via WhatsApp kepada media ini, Rabu (25/05/2022).


    Setelah itu, lanjut Firli, tim Jaksa kembali meneruskan masa penahanan para Tersangka untuk masing-masing selama 20 hari kedepan, terhitung 25 Mei 2022 s/d 13 Juni 2022.


    Katanya lagi, untuk Tersangka TSS, di tahan di Rutan Polres Jakarta Timur dan Tersangka TRK di tahan di Rutan Polres Jakarta Pusat. 


    "Pelimpahan berkas perkara dan surat dakwaan ke Pengadilan Tipikor oleh Tim Jaksa segera akan dilaksanakan dalam batas waktu 14 hari kerja," jelas Firli.


    Sebelum ini, Tim Jaksa telah melakukan pelimpahan berkas perkara penyuap Mantan Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Sudarsono Soulissa, yakni Direktur Utama (Dirut) PT Vidi Citra Kencana (PT VCK), Ivana Kwelju (IK) ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Ambon, Kamis (19/05/2022).


    "Tim Jaksa, Kamis (19/5) telah selesai melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan Terdakwa Ivana Kwelju ke Pengadilan Tipikor pada PN Ambon," kata Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri via WhatsApp kepada media ini, Jumat (20/05/2022).


    Menurut Fikri, pelimpahan berkas perkara dan surat dakwaan Terdakwa Ivana Kwelju itu dalam kaitan dengan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) suap terkait pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Buru Selatan, Provinsi Maluku tahun 2011 s/d 2016.


    Pasca pelimpahan itu, lanjut Fikri, penahanan saat ini telah sepenuhnya menjadi wewenang Pengadilan Tipikor dan sementara waktu tempat penahanan Terdakwa masih dititipkan di Rutan KPK pada gedung Merah Putih. 


    Lanjutnya lagi, saat ini Tim Jaksa masih menunggu diterbitkannya penetapan penunjukkan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan. 


    Katanya, Terdakwa didakwa dengan dua dakwaan, yakni Pertama : Pasal 5 ayat (1) huruf a dan b UU Tipikor atau Kedua : Pasal 13 UU Tipikor.


    Sebelumnya, Penyidik Komisi KPK telah selesai melaksanakan penyerahan tersangka Ivana Kwelju (IK) dan barang bukti ke Tim Jaksa dalam perkara Tindak Pidana Korupsi (TPK) pemberian hadiah atau janji terkait pengadaan barang dan jasa di Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Tahun 2011-2016.


    "Hari ini (28/4) telah selesai dilaksanakan Tahap II yaitu penyerahan Tersangka dan barang bukti untuk perkara Tsk IK dari Tim Penyidik kepada Tim Jaksa," kata Juru Bicara (Jubir) KPK Ali Fikri via WhatsApp kepada media ini, Kamis (28/04/2022).


    Menurut Fikri, berkas perkara Tsk telah memenuhi seluruh unsur kelengkapan berkas perkara dan dinyatakan lengkap. 


    "Penahanan tetap dilakukan Tim Jaksa untuk 20 hari kedepan, terhitung 28 April 2022 s/d 17 Mei 2022 di Rutan KPK pada gedung Merah Putih," urainya.


    Dalam waktu 14 hari kerja, lanjutnya, Tim Jaksa segera melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan ke Pengadilan Tipikor untuk disidangkan. (KT-01)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPK Jadikan Tagop Penghuni Rutan Ambon Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top