• Headline News

    Wednesday, May 11, 2022

    KPID Maluku Ajak Mahasiswa Babar Melek Media


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Ambon, Kompastimur.com

    Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Maluku mengajak Mahasiswa Babar melek media ditengah perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).


    Ajakan itu disampaikan Komisioner KPID Maluku, Lekperi Jori Amtu saat memberikan materi dalam kegiatan Literasi Media yang dilakukan KPID Maluku dengan Mahasiswa Babar Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) di Gedung Gereja Solagracia, Sabtu (7/5/2022).


    "Bahwa setiap warga negara berhak berkomunikasi dan mendapatkan informasi sesuai pasal 28f Undang-undang 1945. Oleh sebab itu, Negara hadir untuk menjamin hak atas informasi lewat media penyiaran Televisi dan Radio. Namun jika masyarakat dalam hal ini mahasiswa Babar tidak punya kemampuan literasi atau melek media, maka informasi itu juga dapat memberikan dampak negatif. Oleh karena itu, lewat kegiatan Literasi ini, KPID Maluku mengajak semua mahasiswa Babar untuk cerdas bermedia atau melek media ditengah perkembangan IPTEK sekarang ini," ajak Amtu kepada mahasiswa Babar yang tergabung dalam Organisasi Ikatan Pelajar Mahasiswa Babar Timur (Ikpelmabatim) dan Himpunan Mahasiswa Babar Barat (Himabarat) Ambon.


    Menurutnya, generasi muda saat ini, sangat rentan terhadap pengaruh media. Hal itu dikarenakan, daya kritis mereka belum terbentuk optimal disatu sisi jam mengkonsumsi media sangat tinggi. Sementara isi media banyak yang tidak aman untuk dikonsumsi oleh kalangan anak-anak maupun pemuda saat ini. Sudah begitu,  peran orang tua, ungkapnya, belum juga terlihat maksimal dalam mengawasi anak dalam bermedia sosial. 


    "Dalam kaitan dengan itu, maka KPID terus menjalankan kewajibannya dengan terus melakukan literasi media untuk menumbuhkan kesadaran dan ketrampilan dalam bermedia sosial atau melek media. Melek Media artinya, sadar ketika mengkonsumsi media, kritis terhadap isi media, memiliki pengetahuan  tentang dampak media dan bagaimana media diproduksi serta mengetahui bagaimana menggunakan media. Hal itu yang  harus ditumbuhkan bukan saja di kalangan pemerintah, tapi disemua lingkungan dan kalangan masyarakat. Supaya kita semua dapat menjadi orang-orang yang melek media, bahkan kritis bermedia. Dimana dapat memahami dan mengapresiasi isi pesan yang dikonsumsi, tidak mudah terkena dampak negatif, dapat mengambil manfaat dari isi pesan yang dikonsumsi. Itu yang KPID terus mendorong termasuk bagi mahasiswa Babar agar  menjadi pemuda yang melek media. Harapan kami, bukan saja sampai disini, tapi kiranya dapat dilanjutkan kepada teman dan keluarga serta masyarakat. Dan yang paling penting lagi, kita semua diharapkan untuk mengawasi semua isi siaran Televisi dan Radio yang dikonsumsi. Jika ada temuan isi siaran yang tak sesuai, dapat mengadukannya kepada KPID Maluku," harap Amtu kepada puluhan mahasiswa Babar itu. (KT-FA)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPID Maluku Ajak Mahasiswa Babar Melek Media Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top