• Headline News


    Saturday, February 19, 2022

    Pemda SBT Canangkan Gerakan Sabtu Bersih

    SBT, Kompastimur.com

    Menyikapi masalah lingkungan di daerah ini, Pemkab Seram Bagian Timur (SBT) mulai mencanangkan gerakan Sabtu Bersih.


    Kegiatan yang dibuka lansung oleh Bupati SBT, Mukti Keliobad itu dipusatkan di Jln. Protokol Bula pada Sabtu (19/2/2022).


    Dalam sambutannya Keliobas menjelaskan, Pemda SBT telah dua kali mencanangkan Gerakan Kebersihan, namun terkendala beberapa hal sehingga pelaksanaannya tidak maksimal alias tersendat. 


    Untuk itu, lanjutnya, Pemda kembali melaksanakan kegiatan tersebut dengan melibatkan masyarakat, Pengusaha, Pegawai dan semua pihak sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.


    "Di SBT Saya mencatat telah pernah dua kali dicanangkan upaya gerakan kebersihan, namun mungkin saja terkendala beberapa hal, gerakan itu kemudian tersendat dan akhirnya hilang. Untuk itu Saya ingin menggairahkan lagi semangat hidup sehat melalui upaya menjadikan lingkungan yang bersih bersih, maka pada hari ini Saya mencanangkan gerakan Sabtu Bersih," kata Keliobas.


    Orang nomor satu di SBT ini menaruh harapan penuh kepada Dinas Lingkungan Hidup, agar terus berperan aktif dalam gerakan kebersihan yang dicanangkan tersebut, karena secara nasional telah diatur dalam dalam Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, sementara di Kabupaten SBT telah tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Uraian Tugas Lingkungan Hidup.


    "Saya berharap Dinas Lingkungan Hidup dapat berperan aktif menjadi leading sector dalam gerakan kebersihan ini. Tentunya ini wajib didukung oleh kita dan semua unsur Pemerintahan. Kita memiliki kewajiban yang sama, mari kita jaga kebersihan lingkungan, untuk dapat menciptakan lingkungan hidup yang bersih," anaknya.


    Permasalahan sampah dan kebersihan lingkungan, lanjutnya, bukan hanya dialami oleh Kabupaten SNT, namun juga terjadi pada daerah dan kota besar lainnya, bahkan juga menjadi persoalan di negara-negara besar. Namun demikian, daya dan inovasi terus dikembangkan dalam upaya mencapai tingkat penanganan sampah demi menjaga daya dukung lingkungan. 


    Katanya, melalui surat edaran, dihimbau kepada seluruh masyarakat, Pegawai, pengusaha dan semua pihak agar budayakan hidup bersih melalui gerakan yang telah dicanangkan, sehingga dapat terciptanya lingkungan yang bersih, indah, nyaman dan pastinya lebih menjamin kesehatan siapapun yang ada didalam lingkungan tersebut.


    Pantauan lansung media ini pasca Pencangan, di setiap dinas mulai membersihkan lingkungan kantor hingga ke jalan, dan pembersihan ini dipimpin langsung oleh Kepala-Kepala Dinas yang sementara berada di daerah. (KT-FS)



    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemda SBT Canangkan Gerakan Sabtu Bersih Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top