• Headline News


    Saturday, December 4, 2021

    Warga Ramai-Ramai Pagari Tanah Hak Guna Pakai, Kades Gunungwungkal Siap Kawal



    Pati, Kompastimur.com

    Warga masyarakat Desa Gunungwungkal, Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati hari ini ramai-ramai memagari tanah hak guna Pakai, Sabtu (4/12/2021).


    Hal itu menyusul adanya salah satu pihak yang hendak mengambil alih tanah ini.


    Kemudian, Kepala Desa Gunungwungkal Mulyono mengatakan bahwa tanah ini memang sebelumnya memang milik negara yang kemudian dikelola oleh PG Pakis.


    Namun, karena PG Pakis sebelumnya memang lama tidak beroperasi.


    "Sehingga tanah itu pun kembali ke negara," kata Mulyono selaku Kepala Desa Gunungwungkul.


    Disisi lain, Ketua BPD Desa Gunungwungkal, Hurito menjelaskan bahwa tanah seluas 4.434 meter untuk dijadikan sebagai aset desa.


    Lebih lanjutnya, dalam proses pembebasan lahan pun dilakukan hingga pada 2020 lalu, BPN Pati mengeluarkan sertifikat nomor 00024 bahwa tanah tersebut menjadi aset desa.


    “Namun, ahli waris pemilik tanah yang berada di sebelah utara tanah aset desa itu, ingin hendak menguasai tanah aset desa ini. Bahkan juga sudah diajukan ke PTUN Semarang. Padahal batas tanah aset itu sudah jela," ucapnya.


    Karena itu, lanjutnya, warga desa Gunungwungkal berinisiatif untuk memagari tanah aset desa.


    Dengan demikian, setelah tanah itu tidak digunakan oleh PG Pakis, warga Desa Gunungwungkal memang memanfaatkan tanah tersebut untuk dikelola.


    "Sehingga dulu nya sempat ditanami pohon randu dan hasilnya untuk kebutuhan bersih desa," jelasnya.


    “Hingga saat ini pun masih dikelola oleh warga, tapi ditanami singkong. Hasilnya sama, untuk kebutuhan bersih desa. Karena itulah, warga tidak ingin tanah ini diambil alih oleh satu orang," tuturnya.


    Sementara itu, dalam batas aset desa yang ada di sebelah utara itu adalah milik almarhum Amir yang merupakan warga Kajen, Kecamatan Margoyoso.


    Tetapi kemudian yang bersangkutan pindah ke Jakarta dan sehingga warga tersebut mempermasalahkan tanah aset desa ini adalah ahli waris Amir.


    “Selain itu, Ahli waris almarhun Pak Amir hendak mengambil sebagian tanah yang sudah menjadi aset desa. Oleh karena itu, kami sebagai penduduk asli sini tidak ingin tanah aset desa ini diambil alih orang lain. Maka dari itu, kami hari ini akan pertahankan, apalagi sudah mempunyai sertifikat atas nama desa,” pungkasnya. (KT-Gus)



    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Ramai-Ramai Pagari Tanah Hak Guna Pakai, Kades Gunungwungkal Siap Kawal Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top