• Headline News





    Monday, November 15, 2021

    Ini Lho 7 Tips Sukses Bisnis Jastip


    Lagu Terbaik Tahun 2021



    Jakarta, Kompastimur.com

    Bisnis jasa titip atau jastip semakin ramai menarik perhatian masyarakat di era canggih seperti sekarang ini. Banyak konsumen mulai mencari tahu cara usaha jastip dan menjadikannya ladang bisnis baru. 


    Jastip menawarkan jasa penitipan kepada orang lain untuk membeli suatu barang di tempat tertentu. Alasannya beragam, mulai dari lokasi pembelian jauh, akses sulit, atau selisih harga cukup besar. Beberapa layanan jastip yang bisa dilakukan, antara lain oleh-oleh khas daerah, produk butik atau distro populer, perabot, dan sebagainya.


    Tips Memulai Bisnis Jastip

    Peluang bisnis jastip cukup besar dan menyenangkan. Namun, Anda tidak bisa memulai bisnis ini sembarangan dan tanpa persiapan. Bisnis jastip juga butuh strategi supaya meraih hasil maksimal, mulai dari penentuan produk, cara promosi jastip, dan strategi lainnya. Berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda ketika memulai bisnis jastip.


    1. Carilah barang yang sedang tren

    Tips pertama ketika memulai bisnis jastip adalah mencari barang yang sedang tren dan banyak disukai orang. Produk fashion, seperti t-shirt, sneakers, tas, atau bahkan heels yang dijual dalam jumlah terbatas atau hanya di waktu tertentu saja tergolong produk favorit. Barang-barang limited edition seperti ini sering dicari dan digemari.


    2. Bersikap transparan terkait harga

    Transparansi harga merupakan hal penting untuk konsumen jastip. Informasi harga yang lengkap dan transparan berarti tidak ada hal yang ditutupi. Ini membuat konsumen lebih tertarik dan percaya pada bisnis Anda. Pasalnya pondasi kepercayaan atau trust dibangun dalam waktu lama, tetapi bisa hancur dalam hitungan detik saja.


    Tuliskan harga asli produk dan biaya jastip yang diperlukan pada caption katalog produk di media sosial Anda. Penting juga untuk tidak mematok biaya jastip terlalu tinggi. Konsumen tentunya akan mencari harga terbaik sebelum melakukan jastip. Tetapkan harga sewajarnya dan tidak berlebihan.


    3. Siapkan modal

    Bisnis apapun pasti membutuhkan modal, termasuk bisnis jastip. Meskipun sebagian besar pelanggan membayar di awal terlebih dahulu, Anda harus menyiapkan modal untuk mengatasi hal-hal tak terduga sampai menyelesaikan pesanan pelanggan.


    Beragam hal di luar perkiraan bisa terjadi sewaktu-waktu. Contohnya harga barang terlalu mahal dan melebihi bujet pelanggan, pembelian ekstra koper, atau tambahan biaya bea cukai.


    Jastip di luar negeri terbilang banyak, tetapi Anda tak perlu takut akan besarnya modal. Anda bisa meminta uang di awal kepada pelanggan. Penting juga menjaga kepercayaan pelanggan supaya bisnis Anda terus berkembang dalam jangka panjang.


    Sekiranya modal untuk berjaga-jaga telah disiapkan, barulah Anda mulai mencari tahu cara menentukan biaya jastip. Anda bisa meminta biaya barang dan biaya jastip di awal, atau bisa juga menggunakan modal pribadi terlebih dahulu dan meminta biayanya setelah barang sampai. Catatan penting perlu diperhatikan, Anda mengenal baik pelanggan tersebut.


    4. Berikan pelayanan terbaik

    Cara usaha jastip berikutnya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Pastikan Anda selalu merespon cepat dan bersikap ramah kepada semua. Konsumen adalah raja yang berhak didengar pendapat dan gambarannya terkait produk yang hendak dibeli.


    Jika pelanggan senang dengan layanan Anda, mereka tentu akan repeat order, bahkan merekomendasikan bisnis jastip Anda ke banyak orang dengan sukarela.


    5. Selalu aktif di media sosial

    Tips yang satu ini berguna agar pelanggan semakin yakin bahwa usaha jastip Anda merupakan bisnis terpercaya. Sebagian besar jastip melalui media sosial, khususnya Instagram. Anda dituntut selalu aktif atau online di semua media sosial yang Anda gunakan untuk jastip.


    6. Jagalah komunikasi dengan pelanggan

    Cara usaha jastip agar sukses lainnya adalah menjaga komunikasi dengan pelanggan. Anda perlu bersikap sopan dan ramah ketika melayani mereka. Anda juga dituntut sabar dalam memberi penjelasan, tidak emosional, dan tetap memperlakukan pelanggan dengan baik.


    7. Lakukan riset

    Salah satu cara menjadi jastip online yang baik adalah melakukan riset terlebih dahulu sebelum menerima jastip. Hal ini untuk meminimalisir masalah yang bisa saja terjadi kemudian hari. Ketika Anda melakukan jastip luar negeri misalnya, jauh lebih baik Anda melakukan riset terlebih dulu terkait lokasi belanja, penginapan, tempat penukaran uang, dan sebagainya.


    Hal ini untuk memastikan semuanya berjalan dengan baik dan mengurangi potensi masalah ke depannya. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mencari tahu barang yang sedang tren atau banyak dicari oleh para pelanggan sebelum berangkat belanja.


    Ketika Anda bepergian ke satu negara, Anda bisa meriset negara tersebut terlebih dahulu untuk mengetahui perkiraan jenis barang yang sedang ramai di negara tersebut. Barulah Anda bisa mulai mencari barang tersebut dan membuka jasa titip.


    Jastip tak hanya ramai di media sosial, tetapi juga e-commerce di Indonesia, seperti Blibli. Salah satu mal online terbesar dan terpercaya ini menawarkan ragam pilihan produk berkualitas, mulai dari kebutuhan pokok, barang-barang elektronik, hingga kebutuhan sehari-hari.


    Anda bisa menarik lebih banyak pelanggan dengan melakukan jastip di Blibli. Pasalnya ada banyak opsi gratis pengiriman ke seluruh Indonesia. Blibli juga memberi jaminan pengembalian produk jika rusak atau kualitasnya tidak sesuai. Ini membuat e-commerce satu ini semakin dipercaya banyak orang.


    Setelah mengetahui beberapa tips untuk mengawali bisnis jastip di atas, Anda kini bisa memulai memilih barang yang akan ditawarkan. Salah satu rekomendasi terbaik adalah The Executive. Salah satu merek dari kelompok Delamibrands untuk fashion wanita dan pria ini bisa menjadi barang yang Anda jastipkan ke pelanggan. (KT-01)




    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Lho 7 Tips Sukses Bisnis Jastip Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top