• Headline News





    Friday, November 5, 2021

    Ayo Kenali Kuliner dan Jajanan Khas Kabupaten Bulukumba


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Juku'Tapa
    Sulsel, Kompastimur.com
    Selain terkenal dengan pariwisata Baharinya yakni Pantai Tanjung Bira, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) juga terkenal dengan aneka kuliner dan jajanan khas kabupaten tersebut.


    Salah satu kuliner yang manjadi primadona dan daya tarik tersendiri bagi masyarakat maupun para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Bulukumba adalah Butta Panrita Lopi.


    Di samping keindahan wisata, tapi bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut tidak akan puas jika belum mencicipi makanan khas Bulukumba.


    Selain Butta Panrita Lopi, wisatawan atau masyarakat yang datang dari daerah lain juga wajib mencicipi makanan terkenal di Kabupaten tersebut, diantaranya, ada Juku' Tapa atau ikan tusuk.


    Kuliner Juku'Tapa ini merupakan olahan hasil laut yang terkenal di kabupaten Bulukumba. Ikan yang paling sering digunakan adalah ikan tuna maupun ikan Cakalang. 


    Pembuatan kuliner Juku'Tapa terbilang mudah dan sangat higenis. Dimana ikan yang telah dipilih kemudian dicuci hingga bersih lalu diiris atau dalam bahasa daerahnya di karra’ untuk kemudian dibagi menjadi beberapa bagian. Setelah ikan tersebut di bagi menjadi beberapa bagian maka dilanjutkan pada tahap dimana potongan ikan ini dibakar.


    Proses pembakaran inilah disebut dengan di Tapa atau di Asap. Terkhusus pada tahapan di Tapa ini membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu sampai ikan berubah warna menjadi warna cokelat muda. 


    Terlepas dari makanan khas kabupaten Bulukumba, ada juga jajanan khas yang bisa jadikan sebagai oleh - oleh selepas berkunjung di Kabupaten Bulukumba. Salah satunya adalah Dumpi Eja atau Kue Merah. Kue yang berbahan dasar beras ketan ini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal saat di makan.

    Dumpu Eja
    Adapun bahan dasar Dumpi Eja ini adalah beras ketan dan gula merah. Untuk cara pembuatannya sendiri terbilang gampang - gampang susah karena butuh kesabaran dan ketelitian lebih untuk menggoreng dan membentuk Dumpi Eja ini.


    Dumpi Eja ini dapat kalian temukan saat acara pernikahan dan acara adat lainnya, rasa manis dari Dumpi Eja ini didapatkan dari gula merah yang merupakan bahan pokok dari kue tersebut.


    Dumpi Eja ini semakin nikmat bila di nikmati dengan teh dan kopi,  jadi bagi wisatawan atau masyarakat dari berbagai wilayah yang ingin berkunjung ke Bulukumba, maka disarankan harus mencicipi dua makanan di atas. Dijamin anda tidak akan kecewa dengan rasanya.  (Nurul Nisa / Mahasiswa Mahasiswa Jurnalistik UINAM)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ayo Kenali Kuliner dan Jajanan Khas Kabupaten Bulukumba Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top