• Headline News





    Monday, October 11, 2021

    Muscab Gerakan Pramuka Kwartir SBT ke-IV Digelar


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com
    Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) mulai digelar, musyawarah ini dilaksanakan pada Senin (11/10/2021) yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Dinas Kesehatan SBT.


    Musyawarah Kwartir Cabang SBT tahun 2021 dengan mengusung Tema "Melalui Musyawarah Cabang ke-IV Kita Perkuat Gerakan Pramuka Seram Bagian Timur Dalam Pengabdian Masyarakat dan Peduli Sesama".


    Ketua Panitia pelaksana Muscab Gerakan Pramuka yang ke-IV, Eka Wokanubun dalam sambutannya mengatakan, Pramuka telah diamanatkan dalam UU Nomor 13 tahun 201p tentang Gerakan Pramuka, yang berfungsi sebagai lembaga pendidikan non formal yang mempunya peran yang sangat penting, karena gerakan Pramuka bagian dari wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda di Daerah ini.


    "Gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan nasional serta membangun dunia yang lebih baik. Gerakan Pramuka berfungsi sebagai lembaga pendidikan non formal, di luar sekolah dan di luar keluarga, dan sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda berlandaskan Sistem Among dengan menerapkan Prinsip Dasar," ucap Wokanubun.


    Dikatakan, pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia, dasar pelaksanaan Muscab ini didasarkan pada, UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Anggaran dasar anggaran rumahtangga sesuai keputusan Musyawarah Nasional ke-X Gerakan Pramuka Tahun 2018 nomor : 07/Munas/2018, serta Keputusan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Seram Bagian Timur Nomor: 01 Tahun 2021 tertanggal 2 tentang Susunan Panitia Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka Seram Bagian Timur ke-IV Tahun 2021.


    "Penyampaian pembahasan dan pengesahan pertanggungjawaban kwartir cabang masa bakti 2016-2021, penyampaian, pembahasan dan pengesahan rencana kerja kwartir cabang untuk masa bakti 2021-2026, pemilihan ketua kwartir cabang untuk masa bakti 20212026, Pemilihan anggota formatur untuk menyusun pengurus baru masa bakti 2021-2026, Pemilihan ketua dan anggota lembaga pemeriksa keuangan, masa bakti 2021-2026," ungkapnya.


    Sementara para peserta yang mengikuti Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka yang ke-IV, berasal dari unsur Kwartir Cabang, dan kwartir ranting, diharapkan, pelaksanaan Musyawarah ini berjalan dengan baik hingga melahirkan pemimpin baru.


    "Unsur Kwartir Cabang Sebanyak 7 Orang, Unsur Kwartir Ranting sebanyak 30 Orang," katanya.


    Hadir pada musyawarah Kwartir Cabang Gerakan Pramuka ini terdiri dari Kapolres Seram Bagian Timur AKBP Andre Sukendar S.I.K, Pimpinan OPD serta Para peserta Musyawarah. (KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Muscab Gerakan Pramuka Kwartir SBT ke-IV Digelar Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top