• Headline News


    Tuesday, June 29, 2021

    72 Warga Binaan Lapas Kelas III Namlea Divaksinasi Covid

     



    Namlea, Kompastimur.com

    Kodim 1506/Namlea, Polres Pulau Buru bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Namlea Kabupaten Buru melaksanakan Vaksin Sinovak kepada Warga Binaan Lapas Kelas III Namlea sebanyak 72 orang, Senin (28/06/2021).


    Pasiter Kodim 1506/Namlea, Kapten Inf Abdul Haris Tumenggung dalam siaran pers menjelaskan, Vaksinasi Covid-19 bagi 72 orang warga binaan Lapas berjalan lancar hingga selesai.


    Selama berlansung vaksinasi, sejumlah warga binaan menunggu giliran disuntik vaksin Covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Namlea dengan tertib.


    Dijelaskan, vaksinasi terhadap warga binaan ini akan dilakukan sebanyak dua kali secara bertahap dalam waktu 14 hari. Proses pemberian vaksin pun tidak sama dengan vaksin lain, karena harus melalui empat tahapan.


    "Setiap orang yang akan divaksin istilahnya harus melalui empat pos. Mereka akan diperiksa dan skrining sebelum disuntik," terangnya.


    Tahapan pertama, orang yang akan disuntik vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi 'Peduli Lindungi'. Kemudian ke pos dua untuk skrining dan anamnase. Di pos ini calon penerima vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta (comorbid).


    "Pos dua ini akan diberikan pertanyaan sebanyak 16 item termasuk ada tidaknya penyakit bawaan. Jika ada satu saja item yang tidak sesuai syarat, maka dia tidak boleh menerima vaksin," ungkap Tumenggung.


    Jika lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona yang berada di pos tiga. Usai disuntik, penerima vaksin akan menjalani masa observasi selama 30 menit di pos empat. Observasi ini untuk melihat gejala klinis yang muncul setelah pemberian vaksin atau KIPI (Kejadin Ikutan Pasca Imunisasi).


    "Selama masa observasi ini, akan dipantau gejala klinis yang muncul pasca pemberian vaksin. Jika timbul efek samping dari vaksin berupa gejala klinis akan dimasukkan ke kamar KIPI," sambungnya. (KT-01)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: 72 Warga Binaan Lapas Kelas III Namlea Divaksinasi Covid Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top