• Headline News

    Saturday, May 1, 2021

    Laskar Manawoko Minta Perhatian Pemda SBT


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Laskar Manawoko Minta Perhatian Pemda SBT

    SBT, Kompastimur.com
    Pembangunan di Pulau Manawoko, Kecamatan Pulau Gorom sangat jauh dari harapan, pasalnya pulau dengan jumlah jiwa sekitar 7.017 jiwa ini jauh dari sentuhan pembangunan. 


    Hal ini diungkapkan oleh Comandante Laskar Manawoko Foundation, Abdul Majid Rumatiga pada, Sabtu (01/5/2021) di Bula.


    Rumatiga mengatakan, pihaknya meminta perhatian serius pemerintah daerah fokus pada percepatan pembangunan di Pulau yang terdiri dari satu Negeri dan dua Negeri Administratif tersebut.


    Beberapa kendala di Pulau Manawoko seperti jalan lingkar yang belum tuntas, jaringan telekomunikasi serta pengembangan salah satu objek wisata Danau Sole yang sudah mendunia, harus menjadi perhatian serius pemerintah daerah.


    "Kami minta pemerintah daerah untuk lebih fokus pada percepatan pembangunan di negeri Amarsekaru pulau Manawoku seutuhnya, baik dari sisi  pemekaran, jalan lingkar, Tower dan pariwisata danau Soli yang selama ini sentuhannya tidak maksimal sehingga para pelancong enggan untuk berkunjung. Kami selaku Pemuda Negeri berharap penuh perubahan itu dapat direalisasikan secepatnya," kata Rumatiga.


    Menurut Rumatiga, untuk jalan di Pulau Manawoko dalam proses pembangunannya, baru diaspal dari dari Sole sampai do Dusun Derak, sementara lanjutannya sampai ke Negeri Administratif Seram sampai saat ini belum dikerjakan. 


    Sementara dari sisi telekomunikasi di Pulau Manawoko baru terdapat di Dua titik, yaitu di Dusun Wawasa Negeri Amarsikaru dan Negeri Administratif Sera. Akibat kondisi tersebut, daerah lain yang ada di Manawoko masih bergantung pada jaringan telekomunikasi yang terletak di Pulau Gorom.


    "Aspal dari Soli sampai di Derak, sedangkan Derak menuju Loko sampai Sera belum. Jaringan telekomunikasi baru Sera dan Wawasa itu pun yang kecil, jangkauan terbatas, sedangkan Arwouw - Matlean masih pinjam dari tower dulak (Gorom) hingga komunikasi benar-benar terganggu," ucap Rumatiga.


    Selain itu, Pemekaran Desa juga merupakan salah indikator penunjang pembangunan di Pulau Manawoko, karena rata-rata di Pulau Manawoko perkampungan yang sangat besar sehingga layak untuk dimekarkan. 


    Beberapa Dusun besar di Pulau Manawoko Negeri Amarsikaru seperti Dusun Wawasa, Dusun Arwow Pancalan, Dusun Matlean, Dusun Derak, Dusun Sik-sik, Dusun Kelurat serta Dusun Sera Amar sudah layak dimekarkan.


    "Sudah final untuk Pemda, kendala di meja gubernur yang masih enggang tanda tangan," ucapnya. (KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Laskar Manawoko Minta Perhatian Pemda SBT Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top