• Headline News





    Sunday, March 7, 2021

    Tangkal Paham Radikal, Pemuda di Kota Masohi Ikuti FGD


    Lagu Terbaik Tahun 2021

     


    Masohi, Kompastimur.com

    Pemuda di Kota Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tenggah mengikuti Focus Group Discussion (FGD). Kegiatan yang dilangsungkan di Masjid AL-Muhajirin, itu bertema "Menangkal Pengaruh paham Radikalisme dikalangan Pemuda Kota Masohi demi terwujudnya Pemuda yang Pancasilais".


    Narasumber dalam kegiatan ini, di antaranya Ketua MUI Kabupaten Maluku Tengah Hi Rajab Sese, Ustad Hamdan dan Ustad Sulaiman Pary.  


    Ketua MUI Maluku Tengah Hi Rajab Sese mengajak pemuda untuk tidak terpengaruh dengan paham radikal. Menurutnya, radikal itu membentuk sifat Kekerasan sehingga diharapkan generasi muda dapat menangkalnya.


    “Dengan selalu jaga iman dengan berikhtiar dan berdzikir agar tidak mudah dipengaruhi,” ujarnya. 


    Rajab juga mengajak, tetap  menjaga persatuan dan Kesatuan di Indonesia dengan memahami dan menyelamatkan Pancasila karena Pancasila merupakan hasil pikir para ulama yang bertujuan untuk menyatukan Indonesia.


    Selain itu Ustad Hamdan mengatakan radikal tidak hanya terkait suatu agama atau golongan tertentu sehingga pentingnya memberikan pemahaman kepada generasi muda di Kota Masohi.


    "Jika ada pemahaman agama yang baik dan utuh sehingga pemahaman radikal dapat dicegah,” jelasnya. 


    Dirinya juga mengajak kepada generasi muda kota Masohi untuk jangan mudah dan gampang terperangkap dengan pemahaman Radikal.


    "Jangan mudah percaya dengan ajakan yang menggiring kita ke pemahaman yang menyimpang, jika tidak paham tentang informasi yang didapat segera hubungi Tokoh Agama yang tepat atau langsung mengklarifikasi kepada MUI," ucapnya.


    Senada dengan hal tersebut Ustad Sulaiman Pary juga mengatakan radikalisme terjadi karena keterbatasan ilmu dan informasi yang didapat.  Jika dibiarkan, kata dia, akan menjadi masalah yang sewaktu-waktu menjadi ancaman di Kota Masohi sehingga perlu disikapi dengan bijak.


    Untuk dirinya berharap, melalui kegiatan diskusi menangkal bahaya Radikalisme seperti ini harus rutin dilaksanakan untuk dapat terciptanya situasi kota Masohi yang damai.


    Pada akhir diskusi para pemuda yang hadir menyatakan sikap untuk siap membantu dan mendukung Pemerintah menolak paham radikal di Kota Masohi untuk Keutuhan NKRI. (KT-JB)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tangkal Paham Radikal, Pemuda di Kota Masohi Ikuti FGD Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top