• Headline News


    Wednesday, February 17, 2021

    Warga Adat Sasi PT Pambers



    Namlea, Kompastimur.com

    Masyarakat adat dari dataran tinggi Marga Latbual dan Nurlatu memasang sasi (larangan adat) di Jalan masuk menuju perkebunan Karet PT Pambers, karena lahan mereka seluas 240 hektar diduga telah diserobot.


    Sampai berita ini naik cetak, manajemen PT Pambers yang hendak dikonfirmasi belum berhasil ditemui.Pada saat pemasangan sasi juga tidak terlihat wakil dari manajemen yang mendatangi masyarakat adat.


    Wartawan media ini melaporkan pemasangan sasi oleh marga Laybual dan marga Nurlatu itu berlangsung pukul 12.00 WIT, Rabu (17/02/2021).


    Warga kedua marga ini menuding kalau PT Pambers diduga telah bersekongkol dengan keluarga Kaksodin Ali Wael untuk menanam pohon karet di lahan milik mereka tanpa izin dari yang punya hak.


    Turut hadir dalam pemasangan sasi itu antara lain Kepala Soa Guan Wailua Wakili Marga Latbual dan Nurlatu, Kepala Soa Matatemon Nurlatu, Kepala Soa Yelis Latbual, serta Para Perwakilan Marga Latbual dan Marga Nurlatu kurang Lebih 10 orang.


    Kepala Soa Guan Wailua Wakili Marga Latbual dan Nurlatu, mengungkapkan,  Selama pekerjaan oleh PT Pambers tidak ada sama sekali kompensasi kepada marga Latbual dan Nurlatu selaku pemilik lahan seluas 240 ha.


    Ia menilai, pembukaan lahan perkebunan karet oleh PT Pambers dilakukan secara sepihak dari marga Wael yaitu Kaksodin Ali Wael, Manahwan Wael dan Wehe Wael yang bersekongkol dengan manajemen perusahan. 


    Mereka mengancam, apabila kegiatan PT Pambers tidak dihentikan oleh pemerintah daerah,  maka seluruh kepala soa adat tetap melakukan pemalangan kegiatan aktivitas perkebunan Karet PT Pambers.


    Marga Latbual dan Nurlatu juga menuntut agar dikembalikan hak milik keluarga besar Wailua Tamar Telo atau Marga Latbual dan Nurlatu.


    Tuntutan kedua marga ini ternyata turut meluas dan terakhir mereka juga dikhabarkan ikut memasang sasi di sebagian tanah yang kena lokasi proyek bendungan waeapo Paket 1.(KT-10)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Adat Sasi PT Pambers Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top