• Headline News





    Sunday, January 31, 2021

    Melangkah Menyatukan Indonesia: Tela’ah Jalan Tiada Henti AA. Lanyalla M. Mattalitti


    Lagu Terbaik Tahun 2021


    Oleh: 

    _Muliansyah Abdurrahman Ways, Pelaku Usaha, Peneliti Indonesia Resources & Mahasiswa Doktor Politik UNAS_ 



    Pandemic Covid 19 membungkam seluruh aktivitas keseharian manusia di muka bumi, virus yang tak pernah memiliki pilihan ke Negara dan wilayah mana yang perlu di bebani, tetapi virus yang memwabah seperti ini terus ikut bergerak dengan gerak dan langkah setiap manusia, kecuali manusia – manusia yang mampu menangkis atau membentengi agar virus tak mampu berada di posisinya.


    Namun dengan bertambahnya jumlah pasien covid 19 yang kurang lebih mencapai 1 juta warga di Indonesia, hal tersebut membuat panik sejumlah tokoh dan masyarakat umum yang terkesan bahwa covid ini benar – benar mengunci kehidupan keseharian masyarakat di kehidupanya.


    Seiring dengan wabah pandemic covid 19 yang begitu membabi buta di masyarakat Indonesia dan khususnya warga di daerah – daerah sebagaimana kita melihat dengan mata kepala kita hingga tetap menjaga aturan yang sedang di berlakukan oleh Negara untuk masyarakatnya.   


    Dalam tulisan ini, penulis hanya ingin mengabadikan dan mengartikulasikan gerak langkah brilian seorang tokoh yang gigih dan memanfaatkan jabatanya untuk kepentingan dan nasib masyarakat Indonesia. Tak ada kata lain dari penulis, tetapi gerakan ini adalah gerakan untuk menyatukan NKRI dari daerah – daerah. 


    Kembali lagi melihat sosok AA. Lanyalla M. Mattalitti atau sering di sapa LANYALLA adalah nama yang kini menjadi santer di perbincangkan di Indonesia, sebagian orang bahkan pejabat public hampir terlihat dengan alasan covid 19 dalam bergerak, tetapi manusia yang satu ini terlihat berbeda selama menjadi pemimpin di lembaga Negara DPD RI ini.


    Penulis sangat berkesimak setiap langkah dan gerak seorang tokoh yang bernama asli AA. Lanyalla M. Mattalitti, ia menaruh pengabdianya dengan keberkahan dan kebaikan, ia menjunjung tinggi nilai – nilai relijiusitas dan rasionalitas mejadi kebajikan dalam gerak langkah dari pelosok Aceh hingga Papua. 


    Ia terus menerobos ruang aspirasi dan terus berinisiatif untuk berjumpa dengan berbagai kalangan baik yang datang dari mahasiswa, pemuda, pengusaha, budayawan, perempuan dan para professional di bidangnya. Ia jugapun di datangi oleh masyarakat dengan berbagai latar belakang, tak peduli dengan Ia sebagai apa dan ia pejabat apa, yang penting ia mau menerima langsung kepada masyarakat yang mau bercerita, yang mau memberikan argumentasi dan yang mau menyampaikan aspirasi daerah. 


    *Dari Daerah Untuk Indonesia* 

     

    Tagline ini lahir atas dasar filosofis hidup bahwa wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat RI adalah wakil dari daerah, hal inilah Lanyalla mencoba melahirkan gagasan besar untuk Indonesia masa depan. “dari daerah untuk Indonesia” adalah buah pemikiran dari seorang Lanyalla untuk membuming ke seluruh wakil –wakil daerah di gedung parlemen terhormat ini.


    Menunjukkan bahwa gedung parlemen adalah wakil dari masyarakat Indonesia, mereka lahir dari kultur dan budaya daerah masing – masing, mereka lahir dari agama dan karakteristik daerah masing – masing, mereka juga lahir dari profesi dan latar belakang mereka masing – masing, tetapi mereka adalah satu yakni lahir dari aspirasi daerah untuk Indonesia Raya. 


    Indonesia tentu disatukan dengan berbeda kultur, agama dan wilayah, disinilah dimaknai langsung oleh sosok Lanyalla bahwa dari daerah inilah menjadi Indonesia bangkit dan Indonesia Maju. 


    Lanyalla hadir sebagai pribadi yang bukan sekedar perwakilan dari Jawa Timur, tetapi Ia hadir sebagai perwakilan dari masyarakat seluruh Indonesia. Karena ia sadar bahwa sebagai ketua DPD RI dan selaku pimpinan senator se Indonesia,  wajib untuk menjadi wakil dari masyarakat Indonesia, Jawa Timur khususnya adalah melahirkan generasi terbaik untuk Indonesia. 


    Gerakan dari daerah ke daerah adalah langkah baik untuk perbaikan negeri dan menyatukan perbedaan, dari Jawa Timur, ke Jawa Barat hingga ke Aceh serta Bengkulu dan Lampung, kemudian balik lagi ke Kalimantan Timur, berjumpa lagi ke Sulawesi Tenggara dan Nusa Tenggara Barat serta kembali lagi ke Sulawesi Utara dan Tanah Maluku hingga berulang kali ke Tanah Papua. 


    Ini menunjukkan bahwa Tagline dari daerah untuk Indonesia tak sekedar slogan, akan tetapi ini realitas setiap gerak langkah seorang tokoh bangsa di masa pandemic seperti ini. Memang musibah covid seperti ini bukan sekedar kita berkata – kata, tetapi kita juga hadir ke masyarakat untuk menjadi spirit hidup lebih baik, kita juga hadir memberi solusi untuk perbaikan bangsa di masa – masa akan dating.


    Dari daerah untuk Indonesia perlu kita terapkan, karena Indonesia dengan langkah Lanyalla akan menjadi satu kesatuan optimisme lebih maju, maka penulis yakin bahwa Indonesia di satukan bukan dengan satu budaya, tetapi Indonesia di satukan dengan bermacam – macam budaya bangsa. 


     *Nyallakan Indonesia* 


    Nyallakan Indonesia adalah narasi yang tepat untuk sosok AA. Lanyalla M. Mattalitti, kenapa demikian?, karena Ia mampu menjadi lilin untuk Indonesia yang lebih cerah, Indonesia yang lebih indah dan hadir bersama dalam visi besar Presiden Joko Widodo Indonesia Maju.


    AA. Lanyalla M. Mattalitti memiliki pribadi yang tangguh, pribadi yang punya energy relijius dan nasionalis, karakter pekerja keras dan tanpa banyak bicara, misi kebaikan bersama selalu ia torehkan dalam sifat – sifat pribadinya. 


    Tanpa henti terus melangkah satu kota ke kota lain, satu daerah ke daerah lain, menggambarkan manusia yang berbeda dengan yang lain, ia terus giat menjadi mausia Indonesia yang tanpa membeda – bedakan suku, agama dan daerah. 

    Penulis yakini Lanyalla dari daerah untuk menyatukan Indonesia di masa depan, Lanyalla untuk kebaikan Indonesia lebih baik dan Lanyalla sebagai lilin mencerahkan masa depan Indonesia.  (*)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Melangkah Menyatukan Indonesia: Tela’ah Jalan Tiada Henti AA. Lanyalla M. Mattalitti Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top