• Headline News


    Wednesday, December 2, 2020

    Diskusi GMKI: Mahasiswa Miliki Peran Strategis dalam Mengawal Pembangunan

     


    Ambon, Kompastimur.com

    Indonesia Timur kini tidak hanya dibayangkan sebagai satu kesatuan geografis-teritori, lebih dari itu sebagai satu  kesatuan politik. Indonesia Timur tidak hanya menyangkut kesamaan tradisi atau model relasi dalam masyarakat, tetapi juga kesamaan nasib dalam frame pembangunan nasional. 


    Di dalam frame itu bisa ditemukan narasi menyangkut kesenjangan, kemiskinan, ketertinggalan, dalam berbagai aspek terkhususnya infrastruktur dan ekonomi masyarakat, yang terbentang masif sebagai diskursus wajib komunitas Indonesia Timur dari NTT, Maluku, sampai pedalaman Papua. 


    Konteks yang begitu strategis mesti direspon dengan cara yang cerdas oleh kaum pandai-terpelajar terkhususnya mahasiswa yang juga memiliki fungsi strategis untuk mengawal sekaligus mengontrol jalannya pembangunan Indonesia Timur, kini dan nanti. 


    Atas urgensi itu, diskusi dengan tema Peran serta Mahasiswa dalam Mewujudkan Pembangunan dan Mendukung Kesejahteraan di Kawasan Indonesia Timur, dirumuskan oleh GMKI Cabang Ambon, pada Minggu, (29/11/2020). 


    Diskusi itu dipantik oleh James Pakniany dan dipandu langsung oleh moderator Benico Ritiauw, dan dihadiri oleh peserta dari beragam kalangan mahasiswa. 


    Dalam diskusi itu, James Pakniany melihat mahasiswa memiliki peran yang sangat strategis dalam mengawal pembangunan. Olehnya, mahasiswa tidak hanya berlaku sebagai agent of change tetapi juga sebagai agent of control, kaum intelektual, juga sebagai Duta, yang berfungsi dalam mengawal pembangunan daerah dan juga nasional.


    "Mahasiswa tidak boleh menjadi beban bagi masyarakat, sebaliknya mahasiswa harus hadir sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat. Mahasiswa memiliki peranan penting sebab mahasiswa diperlengkapi dengan knowledge (pengetahuan) dan juga jaringan yang akan sangat berguna ketika diaktivasi untuk mengawal pembangunan, baik melalui aksi, gagasan, maupun kajian. Oleh sebab itu mahasiswa harus merasa galau terhadap pembangunan agar kewarasan sebagai kaum intelektual tetap terjaga,” katanya.


    Menurutnya, mahasiswa selalu hadir dan menjadi bagian dari deretan peristiwa pembangunan. Kehadiran itu di isi melalui aksi dan gagasan yang distimulasi untuk menopang praksis pembangunan daerah maupun nasional. 


    Pakniany juga menambahkan bahwa Indonesia Timur memiliki problem pembangunan yang serius dan komprehensif, semisal kasus Amdal blok masela, bila kita mengambil contoh di Maluku. Untuk itu mahasiswa harus tetap menjaga solidaritas dalam mengawal pembangunan, terkhususnya di Indonesia Timur, agar ada aksi bersama dan tidak tersekat-sekat berdasarkan suku dan golongan.


    Merespon situasi itu, PJS Ketua Cabang, Miraldo Alexander Andries, menambahkan khusus untuk Gerakan Mahasiswa semisal GMKI, berjalan sesuai dengan wilayah dan medan  pelayanan. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa banyak kader GMKI yang terlibat aktif dalam mengadvokasi isu-isu terkini menyangkut pembangunan, baik daerah maupun nasional. Seperti halnya aksi menolak tambang marmer dan juga amdal blok masala yang dilakukan beberapa minggu lalu. 


    “GMKI akan tetap megawal pembangunan daerah dan nasional baik melalui lembaga organisasi maupun melalui sikap dan tindakan para kader cerdas," ucapnya.


    Sebagai bukti atas argument itu, GMKI banyak terlibat dalam sejumlah aksi untuk mengawal proses pembangunan daerah dan juga nasional semisal aksi menyangkut petani sopi, RUU P-KS, aksi protes terhadap kebijakan pemerintah daerah dan kota dalam penanggulangan Covid-19, dan yang terakhir yakni aksi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja. 


    Diskusi tersebut berjalan dengan produktif, dapat dilihat dari respon para peserta diskusi yang menanggapi persoalan pembangunan dan kesejahteraan di wilayah Indonesia Timur, khususnya Maluku, NTT, dan Papua. 


    Diskusi tersebut ditutup dengan deklarasi yang dilakukan oleh GMKI Cabang Ambon sebagai bagian dari mahasiswa Indonesia Timur yang mendorong dan mendukung pemerintah agar dapat mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan di kawasan Timur Indonesia.  


    Setelah selesai diskusi, Andries selaku PJS Ketua Cabang GMKI Ambon kepada Wartawan juga menambahkan bahwa Pemuda dan Mahasiswa Indonesia Timur harus bersatu dalam memupuk Persatuan dan Kesatuan, sudah saatnya bergandengan tangan dengan pemerintah untuk memaksimalkan pembangun di wilayah timur dengan semangat nasionalisme. Pentingnya Nasionalisme dalam Pembangunan daerah ditujukan untuk kesejahteraan masyarakat sehingga pemikiran melepaskan diri dari Negara Kesatuan RI itu tidak lagi muncul.


    “Diskusi ini haruslah kita jadikan sebagai momentum untuk membangun semangat baru, pola pikir baru bersama menyatukan kekuatan untuk membangun wilayah timur Indonesia. Terus sebarkan rasa persaudaraan dan kedamaian serta sinergikan kekuatan bersama untuk pembangunan di Kawasan Indonesia Timur khususnya Maluku dan Papua," tuturnya. (KT-Rls/JB)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diskusi GMKI: Mahasiswa Miliki Peran Strategis dalam Mengawal Pembangunan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top