• Headline News


    Monday, October 19, 2020

    Satgas Covid-19 Jemaat Lateri Resmi Dilantik


    Ambon, Kompastimur.com 

    Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Lateri pada ibadah Minggu, (18/10/2020) resmi dilantik oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Lateri Pdt. M.Laimeheriwa.

     

    Pada Ibadah tersebut yang merupakan ibadah perdana dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat yang dilaksanakan Jemaat Gereja Protestan Maluku (GPM) Lateri sejak diberlakukannya pembatasan sosial di Kota Ambon pada bulan maret lalu.

     

    Ketua MJ GPM Lateri Pdt.M.Laimeheriwa menjelaskan, ibadah perdana Jemaat GPM Lateri dilakukan di dua lokasi Gereja, yaitu Gereja Lahai-Roi dan Gereja Sejahtera.

     

    “Karena kondisi saat ini sedang Covid maka kita laksanakan Ibadah di masing-masing Gereja dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada pukul 7 dan 9 pagi,” katanya.

     

    Dikatakan Ketua MJ, dengan diterapkannya protokol kesehatan secara ketat, maka tidak semua warga jemaat dapat menghadiri ibadah tersebut, sehingga bagi warga jemaat yang berusia lanjut maupun anak-anak, dapat mengikuti ibadah melalui streaming pada akun Facebook maupun Youtube Jemaat GPM Lateri.

     

    Sekretaris Majelis Jemaat Pnt. Elia Tomatala menyikapi pelantikan tersebut menuturkan, bahwa dengan dibentuknya Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Jemaat GPM Lateri maka akan sangat membantu Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 di Jemaat GPM Lateri maupun Kelurahan Lateri dan desa-desa sekitarnya.

     

    “Tugas Tim Satgas ini sendiri adalah melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah-ibadah di Jemaat GPM Lateri baik Ibadah Minggu biasa maupun Ibadah Baptisan Kudus, Ibadah Pernikahan serta Ibadah Pemakaman yang dilakukan, termasuk aktivitas peribadatan lainnya yang dilakukan didalam jemaat. Hal tersebut bertujuan agar penerapan protokol kesehatan dapat terus dilakukan didalam Jemaat,” jelasnya.

     

    Dalam keterangannya Tomatala menambahkan, menurut penilaian pemetaan zonasi, Kelurahan Lateri sempat berada pada zona orange, namun saat ini Kelurahan Lateri kembali berada dalam zona merah penularan Covid-19 dengan skor 1,7. Sehingga pengawasan ketat terhadap Covid19 harus ditingkatkan.

     

    “Sesuai Surat Edaran Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku dan Sinode GPM serta ditindaklanjuti dengan Surat Ketua Majelis Pekerja KPAT tentang Ibadah Minggu pada Gedung Gereja wajib dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. untuk itu Tim Satgas Covid-19 Jemaat GPM Lateri akan memaksimalkan pengawasan dan pengendalian terhadap ibadah-ibadah yang dilakukan,” ucap Tomatala.

     

    Diketahui, pelantikan Tim Satgas dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Majelis Jemaat No. 16/KPTS/KPAT-GLI/10/2020 Tentang pembentukan Tim Satgas Covid-19 Jemaat GPM Lateri yang diketuai Bapak Michael Sasabone, Bapak Edward Kalahatu selaku Wakil Ketua dan dilengkapi 20 anggota.

     

    Sementara itu, Ketua Klasis Pulau Ambon Timur, Pdt. Cak Sapulette mengapresiasi langkah pembentukan Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dilakukan Jemaat GPM Lateri.

     

    Ketua Klasis Pulau Ambon Timur mengatakan, pembentukan Satgas Jemaat sesuai dengan arahan MPH Sinode GPM dan Majelis Pekerja Klasis Pulau Ambon Timur.

     

    “Pembentukan Satgas PP Covid-19 di tingkat jemaat adalah salah satu kegiatan dari program pencegahan penularan Covid-19. Seiring dengan kebijakan pembukaan kembali ibadah di gedung-gedung gereja maka keberadaan Satgas Covid-19 dipandang penting untuk membantu Majelis Jemaat dalam menerapkan protokoler kesehatan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19,” ujar Ketua Klasis.

     

    Sapulette berharap, Satgas PP Covid-19 Jemaat GPM Lateri, dapat berfungsi secara maksimal dalam membantu pemutusan mata rantai penularan di Jemaat Lateri secara khusus maupun warga Kota Ambon secara umum.

     

    “Saya berharap, Satgas yang dibentuk ini akan berfungsi dalam membantu pencegahan penularan Covid-19 yang hingga hari ini masih terus meningkat kasusnya di Kota Ambon.,” ucapnya.


    Dirinya juga menghimbau kepada seluruh jemaat di Kota Ambon untuk mematuhi protab kesehatan covid19 demi keselamatan semua masyarakat.


    “Saya minta semua Jemaat wajib menggunakan masker, Sering-sering mencuci tangan dengan sabun, selalu membawa handzainitiser, dan selalu menjaga jarak satu dengan yang lain,” pungkasnya. (KT/02)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Satgas Covid-19 Jemaat Lateri Resmi Dilantik Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top