• Headline News


    Monday, October 19, 2020

    H. Bustan Pinrang Pengusaha Sukses dan Pengamat Ekonomi Mikro/Kerakyatan Diusulkan Jadi Wamen Koperasi dan UKM

     


    Jakarta, Kompastimur.com

    Setelah sempat diusulkan dan masuk wacana bursa menteri Pemerintah Jokowi - KH Ma'ruf Amin (Jokowi-Amin), H. Bustan Pinrang kembali diusulkan menjadi Wakil Menteri Koperasi dan UKM. Pria asal Pinrang Sulawesi Selatan ini diusulkan oleh Forum Relawan Jokowi-Amin (FRJA), karena dinilai ahli di bidang dunia koperasi dan ekonomi mikro.


    "Kami FRJA terdiri dari puluhan organisasi resmi Relawan Jokowi-Amin mengusulkan sosok Bapak H. Bustan Pinrang sebagai Wakil Menteri Koperasi dan UKM. Ia berpengalaman dengan memiliki kapasitas dan kapabilitas di dalam dunia UMKM di Indonesia," kata RB. Syafrudin Budiman, SIP atau Gus Din melalui rilisnya, Minggu (18/10/2020) di Jakarta.


    Menurutnya, Bustan adalah pengusaha yang ulet dan sukses dan dirinya diperusahaannya banyak merekrut tenaga berijasah Sarjana, Master dan Doktor. Kata Gus Din, Bustan pernah mengelola koperasi besar dengan omset 400 Miliar di Tahun 1996-2000.


    "Sampai sekarang Bustan aktif mengelola banyak bisnis di bidang UMKM, Koperasi, Jasa Kontruksi dan Pengelolaan Aset. Bahkan Bapak Bustan saat ini mengelola Mall dan menjadi Komisaris Utama PT Mall Pinrang Sejahtera (MPS) di Sulawesi Selatan," jelas Gus Din.


    Ketua Umum Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (PP BP) ini, saat ditemui di Kantornya Jl. Slamet Riyadi 05 Kebon Manggis Matraman Jakarta Timur DKI Jakarta memaparkan, riwayat hidup Bustan. Katanya Bustan layak diusulkan dan disodorkan kepada Presiden Jokowi sebagai calon Wakil Menteri Koperasi dan UKM di Kabinet Indonesia Maju.


    “Pengalaman Bapak Bustan di bidang sektor rill Koperasi dan UKM menjadikannya sosok pengusaha handal dari Indonesia Timur. Sampai saat ini sudah banyak orang belajar padanya tentang penguatan dan pengembangan Koperasi dan UKM di beberapa daerah,” ungkap Gus Din.


    Sejauh ini tambah Gus Din, Bustan sudah mengembangkan usahanya yang meluas kemana-mana. Bustan dinilai orang yang ahli ekonomi mikro, ekonomi kerakyatan dan ekonomi umat.


    “Bapak Bustan memiliki cita-cita ingin mensejahterakan rakyat lewat program-program yang sangat pro UKM dan Koperasi. Gagasan Bustan tentang arus baru ekonomi Indonesia yang mandiri dan maju adalah keinginannya," tukasnya.


    Karena itulah, para relawan Jokowi bersedia juga mendukung dan mencalonkan sosok Bustan sebagai Wakil Menteri Koperasi dan UKM. Dimana Bustan bisa menguatkan program perekonomian mikro di Indonesia yang perlu pemberdayaan.


    "Ditengah pandemi Covid-19, Indonesia mengalami pelemahan dan bahkan kemerosotan ekonomi. Sektor ekonomi mikro dan kerakyatan menjadi basis yang harus diperkuat demi perbaikan ekonomi," tandas Gus Din yang Sarjana Ilmu Politik lulusan Universitas Wiajaya Kusuma Surabaya (UWKS).


    Sementara itu menurut Fauzi, SH., Ketua Umum Aliansi Pemilih Pintar (APP) menilai, sosok Bustan cukup layak, beliau sudah sukses dan mapan, sebab usahanya berjalan baik dimana-mana. Katanya, Bustan hanya ingin mengabdi untuk bangsa, agar kamampuannya di bidang ekonomi mikro bisa membantu rakyat banyak.


    “Gagasan dan kecerdasan bisa membantu Menteri Koperasi dan UKM untuk menciptakan sumber daya yang handal untuk mengantarkan visi Indonesia Maju di bidang ekonomi kerakyatan,” ujarnya.


    Kata Fauzi, Bustan juga pernah menjabat Tenaga Ahli di Kementerian Koperasi dan UKM di Tahun 2000. Sebagai pengusaha yang sukses Bustan juga mendukung pembangunan sumberdaya manusia yang memiliki kapasistas handal dan unggul, khususnya bidang ekonomi.


    “Orang seperti Bapak Bustan dengan gagasan dan handal di bidang perekonomian, akan bisa menghantarkan Indonesia yang bertambah maju dan sejahtera,” pungkas Fauzi. (red)


    Berikut Biodata H. Bustan Pinrang


    RIWAYAT HIDUP:


    1. Nama Lengkap : H. B U S T A N


    2. Tempat, Tanggal Lahir : Pinrang, 07 Juli 1965


    3. Jenis Kelamin : Laki-Laki


    4. Pekerjaan : Wiraswasta dan Konsultan Pengembangan Koperasi & UKM


    5. Alamat : Jl. Ambo Dondi N0.12 Pinrang Sulawesi Selatan.


    6. Agama : Islam


    7. Status : Kawin, dengan 4 (Empat) Anak dan 7 (tujuh) Cucu


    8. Hobby : Berorganisasi & membangun silaturrahmi


    9. Cita – Cita : Akan memperkuat Ekonomi Kerakyatan melalui Koperasi.


    RIWAYAT KELUARGA:


    1. Ayah H. Sain Bulen L Sengkang, Tahun 1947 Sekolah Rakyat Pedagang


    2. Ibu Hj. Tambah Murni W Barru, Tahun 1948 Sekolah Rakyat Pedagang


    3. Istri Hj. Nurjannah P Makassar, 12-12-1973 SMP Wiraswasta


    4. Anak I Hj. Fimayanti P Pinrang, 05-12-1989 SMA Wiraswasta


    5. Anak II Hj. Sartika P Pinrang, 05-10-1991 SMA Wiraswasta


    6. Anak III M. Al Assar L Makassar, 25-11-1993 SMP Wiraswasta


    7. Anak IV Siti Ardiyanti P Makassar, 10-10-1995 Sedang Kuliah Mahasiswi.


    RIWAYAT PENDIDIKAN:


    1. SD Paket A 2006 Bogor Lulus


    2. SMP Paket B 2010 Bogor Lulus


    3. SMA Paket C 2014 Pinrang Lulus


    4. Kuliah Fak.Hukum (SH) 2016 Jakarta Mahasiswa


    RIWAYAT PELATIHAN:


    1. Pelatihan Motivator UKM & Koperasi 2015 Jakarta Kementerian Koperasi dan UKM.


    RIWAYAT PEKERJAAN:


    - Tahun 1979 Toko Manis, Toko Sembako, Karyawan Pinrang-Sul Sel.


    - Tahun 1981 Mulai berdagang sendiri, Sembako, Usaha sendiri Pinrang-Sul Sel,


    - Tahun 1983 Rental Speed Boat Transpotasi Laut, Usaha sendiri Kalimantan Timur,


    - Tahun 1987 Industri RT Kaca Ukir Hias Usaha Sendiri Makassar.


    - Tahun 1990 Jasa Parkir/Juru Parkir Karyawan di Mangga Besar 8 Jakarta,


    - Tahun 1992 Perdagangan 9 Bahan Pokok usaha sendiri di Sentani-Jayapura,


    - Tahun 1993 Kembali Ke Makassar (Berdagang) menjadi Agen Sembako Usaha Sendiri di Makassar,


    - Tahun 1994 Koperasi KSU dengan omzet 5 Milyar perhari dengan 1.600 Karyawan sebuah Unit Simpan Pinjam & Perdagangan sebagai Ketua Koperasi KSU Kantor Pusat di Makassar dengan berbagai Cabang di Indonesia dan,


    - Tahun 2000 Kementerian Koperasi & UKM Pengembangan UKM dan Koperasi diangkat menjadi TENAGA AHLI MENTERI KOPERASI & UKM RI di Jakarta.


    - Tahun 2001 s.d saat ini PT. Rumah Manca Negara Property dan Kontraktor serta Perdagangan, Direktur Utama di Jakarta,


    - Tahun 2012, s.d saat ini, PT. Pinrang Mall Sejahtera mengelola pusat perbelanjaan “Mall of Pinrang Sejahtera”. Komisaris Utama di Pinrang-Sulsel dan,


    - Tahun 2015 s.d saat ini Koperasi Pinrang Membangun Perekonomian Desa Unit Simpan Pinjam & Perdagangan sebagai Ketua Dewan Pengawas di Pinrang-Sul Sel.


    PENGALAMAN MEDIA PERS:


    Bekerja di Harian Ujung Pandang Expres mulai Tahun 2000 s.d 2007 sebagai Komisaris sebuah Koran Harian di Makassar, Harian Pedoman Rakyat s.d Tahun 2008 sebagai Komisaris sebuah Koran Harian di Makassar, Fajar Media Group s.d Tahun 2012 sebuah Media Koran & TV dan Media Group Pers di Makassar dan Media MetroPol mulai Tahun 2015 s.d saat ini sebagai wartawan di sebuah Media Pers dan Informasi.


    RIWAYAT ORGANISASI:


    - Tahun 1999 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Organisasi Bisnis Pengurus Harian Sulawesi Selatan,


    - Tahun 1999 Assosiasi ARDIN Pengadaan Barang Pengurus Harian Sulawesi Selatan dan Organisasi Relawan Masyarakat Cerdas memilih kembali Presiden Kita 2 Periodr. Nomor: Registrasi 5K/534/TKN/DR-JKW-MAN/X2018.


    PANDANGAN & HARAPAN:


    Pandangan dan harapan kepada Bapak Joko Widoodo adalah menciptakan manusia bersahaja dan sederhana yang punya visi-misi pembangunan yang luar biasa, terutama pembangunan di bidang infrastruktur & transportasi, serta pembangunan ekonomi kreatif yang berbasis Ekonomi Kerakyatan.


    Pokok-pokok Pikiran tentang Bangsa Indonesia


    Pokok-pokok pikiran antara lain :


    1. Utama pembangunan di bidang pengembangan Sumber Daya Manusia, karena menurut pepatah bijak Tiongkok: Jika mau hidup 1 tahun maka tanamlah padi, jika mau hidup 10 tahun maka tanamlah pohon tetapi jika mau hidup selamanya maka tanamlah (kembangkanlah) Sumber Daya Manusia (SDM).


    2. Lanjutkan pembangunan dan connecting infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia, supaya pergerakan dan distribusi makin lancar, sehingga investor makin tertarik menanamkan modalnya, sehingga lapangan kerja maka terbuka luas. (red/tim)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: H. Bustan Pinrang Pengusaha Sukses dan Pengamat Ekonomi Mikro/Kerakyatan Diusulkan Jadi Wamen Koperasi dan UKM Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top