• Headline News


    Sunday, August 23, 2020

    Darmizal: Bantuan Pemerintah dalam Bentuk Barang Sebaiknya Dikurangi


    Jakarta, Kompastimur.com
    Ketua umum Relawan Jokowi alias ReJO HM Darmizal MS menilai, dampak Covid-19 atau Corona di Indonesia sangat berdampak besar pada sektor ekonomi. Pemerintah, kata dia, sebaiknya melakukan tindakan yang berbasis pada penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah atau UMKM untuk menggerakan ekonomi di masyarakat. 

    "Bantuan dalam bentuk barang sebaiknya dikurangi dan dialihkan dalam bentuk tunai agar masyrakat dapat membelanjakan bantuan tersebut sekaligus menggerakkan UMKM yang ada di tengah dan menjadi bagian dari masyarakat," ujar Darmizal Minggu 23 Agustus 2020.

    Menurutnya, aksi ini sebaiknya diambil dengan cepat dan secara intens oleh pemerintah. Hal itu dilakukan agar situasi ekonomi yang tidak menguntungkan pada saat pandemi Covid-19 bisa diperbaiki.

    "Selain itu jika pemerintah bisa memberikan dorongan bagi UMKM dan ekonomi masyarakat bisa bangkit. Maka hal tersebut bisa mendorong pertumbuhan ekonomi secara nasional," jelas Darmizal.

    Masih menurut pengusaha kawakan ini, pemerintah melalui Presiden Jokowi tentu mempunyai perangkat yang kuat untuk menggerakkan UMKM di Indonesia. Dengan kemauan dan keberpihakan terhadap masyarakat hal tersebut tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. 

    "Jika pemerintah menemui hambatan birokrasi atau kapabilitas dari pengambil keputusan maka Presiden bisa mengambil langkah tegas. Presiden Jokowi pun bisa memilih perangkat pengganti yang lebih cepat dan mampu menjadi pengambil keputusan yang peka terhadap krisis dan berpihak pada masyarakat," pungkas alumni UGM Yogyakarta ini. (KT-W/Rls)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Darmizal: Bantuan Pemerintah dalam Bentuk Barang Sebaiknya Dikurangi Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top