• Headline News





    Wednesday, July 22, 2020

    Sejumlah Ibu Rumah Tangga Demo Desak Bupati SBB Copot Penjabat Kepala Desa Sohuwe


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Piru, Kompastimur.com
    Sejumlah ibu rumah tangga Desa Sohuwe, Kecamatan Taniwel Timur, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) melakukan aksi demo did kantor Camat Taniwel Timur, Selasa (21/7/2020).

    Aksi demo para ibu rumah tangga meminta agar Bupati SBB, Moh Yasin Payapo segera mencopot Penjabat Kepala Desa Sohuwe Arnol Gerson Marayate karena tidak transparan dan terbuka dalam mengelola anggaran Padat Karya Tunai tahun 2020 yang dikucurkan oleh Pemda SBB.

    Di hadapan camat Taniwel Timur Mery Matitale, Lili Warahuwena menyampaikan  tuntutan ibu rumah tangga meminta keterbukaan Penjabat Kepala Desa terkait dana Karya Padat Tunai dan berapa dana penanganan Covid-19 yang dikucurkan lewat Dana Desa, serta Alat Pelindung Diri berupa masker yang hanya dibagikan dua buah per keluarga.

    Santi Warahuwe kepada Kompastimur.com. mengatakan ibu - ibu rumah tangga Desa Sohuwe meminta agar penjabat terbuka dan transparan atas jumlah uang Padat Karya Tunai yang dikucurkan dan dibagikan kepada masyarakat  hanyakarena warga hanya diberikan per Kepala Keluarga sebesar Rp. 250,000.

    "Kami diberikan per KK Rp. 250.000 dan katanya ada tahap kedua lagi setelah anggaran dicairkan nanti untuk beli alat pertanian berupa cangkul dan lainnya. Sampai saat ini bantuan alat pertanian itu belum juga diberikan kepada kami. Untuk itu kami minta penjabat transparan dan terbuka soal anggaran Padat Karya Tunai yang dikucurkan pemda SBB," ujarnya.

    Sedangkan Camat Taniwel Timur Mery Matitale kepada Kompastimur.com menggunakan unjuk rasa yang dilakukan oleh sejumlah ibu rumah tangga meminta agar Penjabat Kepala Desa Sohuwe dicopot, namun dan kewenangan pencopotan tidak ada pada dirinya selaku camat, pencopotan penjabat itu kewenangannya Bupati SBB.

    "Sudah saya sampaikan kepada perwakilan ibu rumah tangga terkait penjelasan anggaran Padat Karya Tunai yang dikucurkan Pemda SBB dan kewenangan pencopotan Penjabat Sohuwe ada pada Bupati bukan saya selaku camat dan saya sudah mintakan tuntutan ibu - ibu secara tertulis untuk nanti akan ditandaklnjuti ke kabupaten," jelas Matitale.(KT-MFS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sejumlah Ibu Rumah Tangga Demo Desak Bupati SBB Copot Penjabat Kepala Desa Sohuwe Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top