• Headline News


    Saturday, June 6, 2020

    Pasien Covid-19 Usia 84 Tahun Sembuh


    Ambon, Kompastimur.com 
    Pihak Rumah sakit TNI Angkatan Laut Lantamal IX (Rumkital) dr FX Soehardjo Ambon menyatakan 2 pasien sembuh dan terkonvirmasi negatif Corona virus Disease 2019. Jum'at (05/06/2020).

    “Diusia 84 tahun Ny LH berhasil sembuh dari Covid-19, Mungkin ini merupakan pasien Covid tertua di Ambon-Maluku dan mungkin se-Indonesia dengan penyakit penyerta  diantaranya fostruk dan imobilisasi atau disebut kelompok penyakit di usia lanjut, biasa disebut sindroma geriatrik,” kata Karumkital R.S dr Fx Soehardjo Mayor laut (KH) dr. Satrio Sugiharto, Jumat (05/06/2020) di Ambon.
    Lanjutnya, untuk aktivitas sehari-hari LH perlu asistensi guna memenuhi kebutuhan baik pribadi maupun tambahan.

    Sugiharto menjelaskan, pasien LH ini bisa tertangani dengan baik karena mengikuti protocol terkait penanganan covid-19.
    “Beliau ini patuh terhadap protocol pengobatan  sehingga tertangani dengan baik. Dan saat beliau dirawat juga didampingi Anaknya Nn. MH yang merupakan pasien ke dua,” jelasnya.

    “Nn. MH sendiri awalnya bukanlah pasien Covid-19 di Rumkital dr. Fx Soharjo. Dia merupakan anak dari Ny. LH, namun karena sang ibu yang sudah tua dengan keterbatasan fisik maka dia bertekat mendampingi sang ibu dan mengambil resiko dengan bisa tertular Virus,” tambahnya.

    Menurutnya, dengan pertimbangan tersebut Protocol Covid juga diterapapkan pada yang bersangkutan, tetapi menariknya dengan disiplin melaksanakan protokol Covid-19 Nn. MH tidak tertular virus tersebut.

    “Dengan pendampingan keluarga terdekat secara emosional bisa memberikan hasil yang luar biasa untuk kesembuhan pasien,” ucapnya.

    Lebih jau Sugiharto menyampaikan terlepas dari perawatan di rumah sakit dukungan moril dari lingkungan juga diperlukan untuk kesembuhan pasien.

    “Bila kita sudah terapkan prosedur dan ketentuan protocol Covid-19 dan sudah dipatuhi, maka hal ini bisa meminimalisir dampak pada keluarga ataupun perawat yang melaksanakan pelayanan kesehatan,” paparnya.

    Ia berharap, semoga Pendemik Covid-19 segera berakhir dan untuk tenaga medis tetap semangat sebagai garda terdepan dalam perjuangan memutus rantai penyebaran Covid-19.

    “Kepada pasien sembuh selamat kembali ke keluarga dan tetap disiplin laksanakan protocol kesehatang. Gunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan selesai kegiatan luar ganti baju senta mandi bersih,” pungkasnya. (KT/DISPEN LANTAMAL IX)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pasien Covid-19 Usia 84 Tahun Sembuh Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top