• Headline News





    Friday, June 5, 2020

    Gelombang Tinggi, Talud Penahan Ombak Artafella Rusak Total


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com 
    Akibat hantaman ombak, Kerusakan talud penahan ombak di pantai Desa Administratif Artafella, Kecamatan Kiandarat Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) rusak parah.

    Salah satu warga Desa Artafela, Karim Rumuar mengatakan, akibat hantaman ombak sekitar dua hari lalu pada musim ini mengakibatkan penahan di Desa tersebut rusak parah. Untuk itu, dirinya berharap Pemerintah Daerah dapat mengambil langka sehingga kindisi ini bisa teratasi.

    "Taludnya sudah hancur total sejak tiga tahun belakang ini, lokasinya berada di bibir pantai Desa Administratif Artafella," jelas Karim Rumuar kepada media ini, Kamis (04/6/2020)

    Rumuar menambahkan akibat, rusaknya talud penahan ombak tersebut berdampak pada pengikisan tanah di sekitar pantai yang terdapat banyak pemukiman warga. Apalagi saat ini, wilayah tersebut dan hampir seluruh wilayah di SBT mengalami musim ombak yang sama.

    "WC milik warga rusak, karena tanahnya terkikis oleh air laut, apalagi bila musim gelombang besar seperti musim timur saat ini, hempasan gelombangnya kuat," jelas Rumuar.

    Akibat hantaman ombak ini, terjadi kerusakan parah pada talut penahan ombak sepanjang kurang lebih 200 meter.

    Sementara Penjabat Desa Administratif Artafella, Hayatudin Sukunwatan saat di temui media ini berharap. Pemerintah Kabupaten SBT agar segera memperbaiki talud di Pantai Artafella, pasalnya talud yang dibangun pada beberapa tahun lalu itu, kini kondisinya telah rusak parah.

    Ditambahkan, saat ini masyarakat Desa Administratif Artafella yang tinggal di pesisir pantai mulai dihantui rasa takut karena dengan rusaknya talud ini, air laut sering kali masuk ke dalam rumah warga.

    “Sebelumnya kawasan pantai ini memang ada talud tapi telah rusak karena dihantam ombak yang lalu sampai saat ini. Jujur sejak rusaknya talud itu saya jadi takut dengan warga saya yang tinggal di dekat pantai. Saya berharap kepada pemerintah, baik pusat, provinsi maupun Daerah untuk segera memperbaiki talud yang rusak agar kami juga merasakan ketenangan,” tutup Sukunwatan. (KT/FS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gelombang Tinggi, Talud Penahan Ombak Artafella Rusak Total Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top