• Headline News





    Thursday, June 11, 2020

    Diduga Seroboton Lahan, Raja Hote Marah


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com 
    Penjabat Negeri Hote berserta Tokoh Adat dan masyarakat  kecam perbuatan  pembeli  kayu Balsa, bahkan pembeli nekat menyerobot di lahan sengketa. Hal ini diungkap Pejabat Hote, Ahmad Yani Paitaha Via telepon selulernya pada, Rabu (10/06/2020)

    Dirinya medesak pihak Polres Seram Bagian Timur (SBT) untuk dapat menangkap pembeli kayu tersebut, karena tindakannya dapat menimbulkan masalah di wilayah petuanan Negeri Hote.

    "Kami meminta pihak Polres SBT untuk segera tangkap pembeli kayu Balsa yang menyerobot kayu di lahan yang saat ini dalam proses hukum karena atas perbutan tersebut masyarakat Negeri Hote sangat marah,” pinta Paitaha.

    Menurutnya, kayu Balsa tersebut berada pada lahan yang saat ini menjadi masalah antara Negeri Hote dan Negeri Administratif Silohan.

    Ditambahkan, masalah penyerobotan lahan oleh pembeli kayu Balsa ini sedang masih dalam penanganan Pihak Polres SBT. Berdasarkan perjanjian antara pihak Negeri Hote dan pihak Neg.Adm Silohan di kantor Kecamatan Bula barat yang dihadiri Camat Bula Barat, Kabag Hukum berserta pihak lainnya pada tanggal 08 Juni 2020 kemarin, dan telah diputuskan untuk sementara tidak ada aktifitas penebangan maupun pengangkutan di wilayah yang lagi disengketakan.

    "Jika pihak kepolisian setempat tidak segera mengambil langkah untuk menyikapi hal ini maka dipastikan akan ada masalah besar antara Pihak Desa Silohan dengan kami. Kami menduga pengambilan kayu Balsa di lokasi sengketa ini merupakan campur tangan pihak Neg.Adm Silohan," tegasnya.

    Dirinya menduga, pihak pembeli melakukan penyerobotan kayu tersebut karena mengejar jadwal keberangkatan kapal, sehingga tanpa sadar perbuatan tersebut dapat menimbulkan perpecahan antara masyarakat Negeri Hote dan Negeri Administratif Silohan.(KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diduga Seroboton Lahan, Raja Hote Marah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top