• Headline News


    Sunday, May 17, 2020

    Tracking Klaster Halik Moka, Temukan Lagi Tiga Positif COVID 19 Dari Buru


    Namlea, Kompastimur.com 
    Jubir Satgas Kabupaten Buru, Nani Rahim mengumumkan temuan pasein positif COVID 19 di Kabupaten Buru, kini bertambah sebanyak lima orang, sehingga total menjadi tujuh orang , satu sembuh dan satu meninggal dunia.

    Kata Nani, Lima pasien baru ini, masing masing GW, HT, JL, JS dan almarhum AS, PDP berusiah 70 tahun yang sempat dirawat di RSU Namlea sejak tanggal 6 Mei lalu dan telah wafat tanggal 13 Mei lalu.

    FN juga di test lewat PCR dan hasilnya masih positif alias belum sembuh dari COVID 19.

    "Kemarin sore tepat pukul 17.18 wit, tgl 15 Mei 2020, kami mendapat laporan hasil pemeriksaan PCR terhadap pasien di Kab. Buru 5 orang yang  reaktif dengan rapid test, telah diperiksa sampel swabnya  termasuk 1 org yg meninggal di RSU Namlea AS (70 thn), 4 org lainnya yaitu GW,  JL, HT, dan terakhir JS semuanya positif  PCR.," terang Nani Rahim kepada wartawan  lewat Group WA Media Satgas COVID Buru, Sabtu (16/5).

    Sedangkan 1 orang lainnya yaitu FN masih positif COVID 19."FN dilakukan pemeriksaan PCR untuk evaluasi juga masih positif,"tambahkan Nani Rahim.

    Lanjutnya, dari lima positif COVID 19 itu, terdapat tiga nama baru hasil tracking klaster pertama terhadap pasien 17 Maluku (01 Buru) , bernama Halik Moka yang diumumkan positif COVID 19 sejak tanggal 17 April lalu.

    Halik Moka  kini sudah dinyatakan sembuh .Waktu itu ia datang berlibur ke Namlea mengekor mahasiswa Buru dari Jakarta menggunakan identitas orang lain bernama Ansarudin Ekay alias Ansar dan tiba di Namlea tanggal 31 Maret lalu.

    Ia jelaskan, setelah Halik terpapar, satgas melakukan tracking terhadap 22 orang termasuk rekan kontak eratnya FN dan hasil PCR-nya dinyatakan  positif COVID 19 sejak tanggal 28 April lalu.

    FN dalam beberapa kicauannya menggunakan facebook Alfatih Putra Nacikit, pernah berdebat dengan sejumlah netizen dan dengan netizen bernama Jamal Samual, ia  menepuk dada mengaku bertanggungjawab mendatangkan Halik ke Buru.

    Dengan demikian, Halik Moka yang sejak beberapa hari lalu telah diumumkan sembuh dari COVID 19, turut menjangkiti rekannya FN ditambah dua rekan mahasiswa GW dan HT serta orang tua JL, ayah dari mahasiswa EL, rekan kontak Halik."Iya, mereka klaster pertama HM,"benarkan Nani Rahim.

    Walau PCR bpk JL positif COVID 19, anaknya EL yang diswab tenggotokan bersama delapan orang lainnya tanggal 20/21 April lalu, hasilnya negatif saat diumumkan tanggal 28 April lalu.

    Nani Rahim menegaskan tiga positiv COVID 19 dari Halik Moka ini jika memungkinkan, dua orang yang dari Waekase II, Desa Waekase, Kec.Airbuaya, akan jalani karantina di kecamatan tersebut karena secara lahiriah, fisik mereka dari luar tidak menunjukan gejala sedang sakit."Kami sedang berkoordinasi dengan satgas COVID kecamatan Airbuaya untuk proses karantina.Jika memungkinkan akan dikarantina di wilayah kecamatan," terangkan Nani.

    Sedangakan HT mahasiswa asal Waelana, Kec.Fenalisela dievakuasi ke Namlea. "1 orang dari kec. Fenalisela akan dievakuasi siang ini ke Namlea,"tegas Nani Rahim.

    Nani Rahim lebih jauh mengungkapkan, satgas juga telah mengambil langkah tracking terhadap PDP yang meninggal dan menantunya yang juga terpapar COVID 19.
    Almarhum AS dan menantunya bukan klaster Halik Moka. PDP usia 70 tahun yang sudah almarhum ini juga bukan pelaku perjalanan dan juga ada punya Riwayat sakit.

    Karena itu ia rentan tertular dan sangat beresiko.  Ada dugaan ia tertular dari OTG pembawa carrier.
    Dari tracking ini ditemukan ada 15 orang kontak beresiko tinggi. "Semua kontak erat risiko tinggi ada 15 orang akan dilakukan pemeriksaan swab,"tegas Nani Rahim.

    Dari 15 kontak resiko tinggi ini termasuk istri almarhum berinitial S, istri JS, berinitial YTA dan anak lelaki berusia lima tahun. Ketiganya sudah pernah dirapid test dan hasilnyacreaktif.

    " Tinggal kita tracking sisa yang belum terdata,” tandasnya. (KT/10)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tracking Klaster Halik Moka, Temukan Lagi Tiga Positif COVID 19 Dari Buru Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top