• Headline News


    Friday, April 10, 2020

    Gustu: Hasil PCR PDP Bursel Belum Keluar, Mudah-Mudahan Negatif

    Namrole, Kompastimur.com 
    Juru bicara Gugus Tugas (Gustu) Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda mengatakan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Bursel dengan inisial SB belum keluar, dan pihaknya masih menunggu hasil dari Gustu Provinsi Maluku.

    “Jadi hasil PDP Bursel menurut informasi dari provinsi karena mereka yang periksa, hasilnya itu hari ini atau besok, tapi kami sudah minta agar hasilnya dipercepat. Ini terkait dengan informasi dan opini yang berkembang di masyarakat,” kata Banda, kepada wartawan di Posko utama Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) virus Corona kabupaten Bursel, Jumat (9/4/2020).

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bursel ini berharap, semoga hasil pemeriksaan PCR dari SB adalah negatif.

    “Kita harapkan mudah-mudahan dia tidak positif dan hasilnya negatif,” tuturnya.

    Ia menjelaskan, terkait beredar info bahwa SB positif itu sebenarnya adalah positif Rapid Test bukan Positif Corona, sebab positif Corona itu harus berdasarkan tes PCR dan itu hanya bisa dilakukan di Ambon.

    “Kalau positif Corona itu apabila nantinya pemeriksaan PCR di Ambon, itu baru bisa membuktikan bahwa dia negatif atau positif Corona, tapi kami harap mudah-mudahan negatif,” imbuhnya.

    Terkait keluhan SB yang kekurangan air minum dan air wuduh untuk Sholat, Banda menjelaskan hal itu sudah dikoordinasikan dengan Gustu dan  Sekda Provinsi. 

    “PDP ini dirawat di RS Lantamal Halong dan Informasi dari PDP sendiri yang sudah menghubungi kita bahwa dirinya kekurangan air untuk minum dan air untuk wuduh sholat, kita sudah konfirmasi ke Ambon ke gustu provinsi tadi pagi dan sudah dibicarakan. Kita juga sudah sampaikan ke Sekda provinsi dan beliau sudah mulai ambil tindakan, tapi tindakan seperti apa nanti kita tunggu informasi balik,” kata Banda.

    Untuk keresahan keluarga disini, ia katakan bahwa Rumah Sakit Angkatan Laut Halong adalah Rumah Sakit milik TNI dan pasti segala kekurangan akan terpenuhi secepatnya karena garis perintahnya jelas.

    “Kalau di Rumah Sakit TNI perintahnya jelas dan pasti,” ujarnya

    Sementara untuk 3 ODP Bursel, Banda katakan bahwa kondisi mereka sudah berangsur-angsur membaik dan hanya menunggu selesai masa inkubasinya.

    “Kondisinya berangsur-angsur membaik sudah mau selesai masa inkubasinya dan jika selesai bisa saja kita bebaskan dia seperti ODP yang sebelumnya,” tandasnya. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Gustu: Hasil PCR PDP Bursel Belum Keluar, Mudah-Mudahan Negatif Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top