• Headline News


    Thursday, April 16, 2020

    Banda: OPD Nihil, Hasil PCR PDP Bursel Masih Ditunggu


    Namrole, Kompastimur.com 
    Hingga Kamis (16/04/2020), 2 Orang Dalam Pengawasan (OPD) di Kabupaten Buru Selatan (Bursel) telah dinyatakan sembuh sehingga jumllah OPD di Kabupaten Bursel menjadi nihil.

    “ODP sekarang sudah sembuh, kita sudah bebaskan. Sekarang tinggal tanda tangan surat pembebasan saja berarti sudah bisa selesai masa isolasinya 14 hari,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda kepada wartawan di Kantor DPRD Kabupaten Bursel, Kamis (16/04).

    Sementara untuk hasil Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berinisial SB asal Desa Simi, Kecamatan Waesama yang sementara di rawat di RS Lantamal Ambon belum keluar dan masih ditunggu.

    “Untuk PDP yang di Ambon kita masih menunggu hasil tes PCR. Jadi, belum bertambah,” terangnya.
    Sementara untuk jumlah Pelaku Perjalanan (PP), kata Banda, terus mengalami peningkatan dan diprediksi akan terus meningkat.

    “Pelaku perjalanan sudah bertambah, sekarang sudah 1034 orang. Untuk jumlah pelaku perjalanan masih bertambah terus,” ucapnya.

    Dirinya menjelaskan, bagian ribuan PP ini sementara dilakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing sambil dilakukan pemantauan terhadap kondisi kesehatan mereka.

    “Untuk para pelaku perjalanan, kita isolasi mandiri ya dan dalam pemantauan setiap saat. Kita kontak apabila ada gejala apa pun, flu atau apa pun informasikan kepada kita,” katanya.

    Menurutnya, jika ada gejala-gejala yang dialami oleh PP, maka pihaknya akan melakukan proses Rapid Test terhadap PP dimaksud.

    “Langkah yang kita ambil apabila ada gejala seperti itu, maka kita akan lakukan Rapid Test,” tuturnya.

    Dikatakan, setelah ditetapkan anggaran Covid-19 Kabupaten Bursel sebesar Rp. 23 Miliar, maka semua pintu masuk jalur transportasi telah diperketat, termasuk jalur darat Namrole-Namlea guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19 dimaksud.

    “Sekarang ini, sejak anggarannya ditetapkan maka dipastikan semua pintu-pintu itu diperketat. Ada jam-jamnya, yang bisa masuk itu hanya logistik saja,” jelasnya.

    Sedangkan untuk kapal-kapal, tambahnya, sudah kita batasi sekarang, tetapi kita tidak bisa pungkiri bahwa ada pelaku-pelaku perjalanan ini dia masuk melalui jalur-jalur yang tidak biasa, seperti kemarin dia masuk dari jalur Asilulu dia menggunakan Longboat ke Kecamatan Ambalau. Kita perketat lagi disana, kita mau suruh balik lagi tidak mungkin.

    “Orang itu kita dapat dan sudah kita isolasi di Air Panas, Desa Waelua. Apabila ketika isolasi itu dia punya perkembangan ada gejala-gejala, maka kita tingkatkan jadi ODP. Kalau ODP itu dalam waktu tertentu kita Rapid Test dan Positif, maka kita naikkan statusnya menjadi PDP dan seterusnya sehingga kita bisa rujuk ke Ambon,” tuturnya. (KT/01)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Banda: OPD Nihil, Hasil PCR PDP Bursel Masih Ditunggu Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top