• Headline News





    Friday, April 3, 2020

    APD dan RDT Bantuan Pemrov Maluku Sudah Tiba di Bursel


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Namrole, Kompastimur.com
    Bupati Buru Selatan (Bursel) Tagop Sudarsono Soulisa mengaku bahwa pihaknya telah menerima Alat Pelindung Diri (APD) dan Rapid Diagnostic Test (RDT) dari Pemerintah Provinsi Maluku, Kamis (02/04).

    “Iya. APD Bantuan Pemprov sudah diterima  dan Rapid Test,” kata Tagop yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Bursel kepada Wartawan melalui WhatsApp, Kamis (02/04).

    Tak hanya itu, lanjut Tagop, selain bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku, Pemerintah Kabupaten Bursel pun telah menyediakan sejumlah APD dan sejumlah peralatan kesehatan maupun obat dalam rangka percepatan penanganan Virus Corona.

    “Selain itu juga, Pemda Kabupaten juga mempersiapkan APD, alat pengukur  panas badan (Termogun), Rapid Test, Sarung Tangan, vitamin vitamin sesuai standar dan lain-lain sesuai standar WHO,” terangnya.

    Namun, untuk detail rincihan bantuan Pemerintah Provinsi Maluku maupun yang diadakan sendiri oleh Pemerintah Kabupaten Bursel, Tagop belum bisa merincihnya. Ia meminta wartawan mengkonfirmasi hal itu langsung ke Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Bursel, Ibrahim Banda.

    Sementara itu, Ibrahim kepada wartawan di Poskoh Gugus Tugas yang berlokasi di Kantor Bupati Bursel, Kamis (02/04) menjelaskan bahwa pihaknya memang telah menerima APD maupun RDT.

    “Karena kita di Kabupaten bursel ini mungkin berdasarkan kita punya OPD 5 orang dan kita punya pelaku perjalanan itu baru 300-an tapi terpantau secara keseluruhan sehingga mungkin dari Dinas Kesehatan Provinsi atau Satuan Gugus Tugas Provinsi lebih mempriotaskan daerah yang ODPnya lebih banyak. Jadi kita baru terima 55 shet APD dan kita juga sudah terima Rapid Diagnostic Test (RDT),” terangnya.

    Hanya untuk jumlah, RDT, Ibrahim pun belum bisa merincihkannya karena kiriman tersebut belum dibuka sehingga belum ditemukan Surat Pengantar yang menjelaskan terkait dengan jumlahnya.

    “Sampai sekarang kita belum buka dan belum ketemu surat pengantarnya. Biasanya ada surat pengantarnya. Jika sudah temukan surat pengantarnya baru kita sampaikan, tapi barangnya sudah tiba tadi,” ucapnya.

    Sedangkan untuk pengadaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bursel, lanjut Ibrahim, cukup banyak persediaan sehingga pihaknya tidak terlalu panik terhadap persediaan-persediaan tersebut. Sebab, saat ini separuhnya sudah ada dan separuhnya lagi masih dalam perjalanan dan direncanakan hari Jumat (03/04) sudah tba di Namrole.

    Ia menjelaskan, semula pihaknya mengusulkan pengadaan sebanyak 150 APD, tetapi karena terbatasannya pendanaan, maka APD yang diadakan hanya sebanyak 102 buah. Sedangkan untuk termoga yang diadakan sebanyak 35 buah bersamaan dengan batreinya.

    Selanjutnya, kata Ibrahim, untuk Masker Standar bedah telah dilakukan pengadaan sebanyak 100 box, Masker N95 sebanyak 5 box, Hand Sanitizer 500 ML sebanyak 50 botol.

    Selain itu, pihaknya juga telah mengusulkan untuk dilakukan pengadaan Disinfektan sebanyak 100 botol, sabun dethol dan sejenisnya yang bisa diadakan langsung di Kabupaten Bursel. (KT/01)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: APD dan RDT Bantuan Pemrov Maluku Sudah Tiba di Bursel Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top