• Headline News


    Wednesday, March 11, 2020

    Banjir di Huamual, 13 Rumah Warga Desa Lokki Rusak Sedang


    Piru, Kompastimur.com 
    Derasnya hujan yang mengguyur Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB0, Provinsi Maluku yang terjadi pada sabtu (7/3/2020), khususnya pada wilayah kecamatan Huamual mengakibatkan 13 rumah warga di dusun Siaputih desa Lokki terendam dengan ketinggian air mencapai 1 - 2 meter.

    Selain 13 rumah warga, sarana pendidikan diantaranya satu gedung PAUD dan satu gedung sekolah dasar ikut tergenang air akibat luapan sungai Siaputih yang tidak mampu menampung debit volume air yang tinggi akibat hujan.

    Warga setempat mengatakan, banjir yang terjadi di Dusun Siaputih Desa Lokki, kecamatan Huamual Kabupaten SBB diakibatkan oleh tingginya curah hujan sehingga meluapnya air kali di dusun Siaputih dimana permukaan material didalam kali sama tinggi dengan permukaan tanah sehingga menutupi bagian bawah  jembatan penghubung.

    “Akibatnya debit air yang tinggi tidak dapat melewati bawah jembatan sehingga meluap ke badan jalan  dan pemukiman warga setempat, sehingga puluhan rumah warga ikut terendam.” ungkap Warga.

    Penjabat Desa Lokki kecamatan Huamual Kabupaten SBB Maluku Demitry Riry yang berhasil dikonfirmasi menjelaskan, langkah-langkah cepat telah dilakukan oleh pemerintah Desa Lokki dengan mendata semua kepala keluarga dan semua rumah serta fasilitas umum yang tergenang akibat dampak banjir yang terjadi kemarin.

    "Intinya kami sudah lakukan pendataan yang dikumpulkan pihak pemerintah desa, dan selanjutnya kita Pemdes sudah lakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) kabupaten Serang Bagian Barat,” ujar Riry.

    “Akibat banjir yang terjadi kemarin tidak ada korban jiwa, dan hanya fasilitas pendidikan dan rumah warga yang terendam air,  jumlah kepala keluarga dusun Siaputih sebanyak 13 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 54 Jiwa," tutupnya. (KT - MFS).

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Banjir di Huamual, 13 Rumah Warga Desa Lokki Rusak Sedang Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top