• Headline News


    Thursday, February 20, 2020

    Orno Buka Rakor Bersama Forum OPD Bidang Pendidikan dan Kebudayaan

    Ambon, Kompastimur.com
    Wakil Gubernur Maluku, Barnabas Orno membuka dengan resmi Rakor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bidang pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 yang digelar pada salah satu hotel di kota Ambon, Rabu (19/02/2020)

    Orno saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Maluku menyebutkan, sebelum menyusun perencanaan pembangunan, terlebih dahulu harus memahami mekanisme dan prosedur yang ada, agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku Sehingga dapat menyusun suatu perencanaan pembangunan yang efektif efisien serta proporsional.

    Ia katakan, kegiatan forum OPD bidang pendidikan dan kebudayaan tahun ini dilandasi oleh spirit implementasi Undang-Undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah dan peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah, serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang pedoman organisasi perangkat daerah bidang pendidikan kebudayaan. sehingga pembagian urusan pemerintahan konkuren bidang pendidikan.

    Untuk urusan manajemen pendidikan, Akuinya, mengalami perubahan kewenangan di mana pengelolaan pendidikan menengah dan pendidikan khusus menjadi kewenangan daerah provinsi, urusan pendidikan dasar dan pendidikan anak usia dini menjadi kewenangan daerah kabupaten kota.
    Forum UPTD pendidikan kebudayaan yang dilaksanakan ini juga untuk menjawab berbagai isu-isu strategis dan permasalahan pendidikan dan Kebudayaan yaitu optimalisasi Merdeka belajar di daerah yang lebih menekankan pada aspek transisi ujian Nasional menuju survei karakter minimum di tingkat sekolah, ujian sekolah, zonasi dan rencana pengembangan pembelajaran.

    Baginya, penguatan kapasitas dalam pengelolaan pendidikan dan kebudayaan menjadi sangat penting dalam rangka peningkatan manajemen perencanaan pengawasan yang lebih terbuka, efisien, efektif dan bertanggung jawab melalui pendekatan perencanaan pendidikan dan kebudayaan antara lain pendekatan holistik tematik artinya untuk mencapai sasaran prioritas pendidikan dan Kebudayaan Nasional maka perlu dilakukan koordinasi multi lembaga dan pemangku kepentingan.

    Kedua; melalui pendekatan integratif bahwa pencapaian sasaran prioritas pendidikan dan kebudayaan di daerah guna mendukung prioritas nasional perlu diintegrasikan dari berbagai sektor pembangunan dan jenjang pemerintahan.

    Ketiga; melalui pendekatan spasial artinya perlu sinkronisasi lokasi pembangunan pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan daya ungkit pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat.

    Dalam kesempatan itu, dirinya berharap kegiatan itu bisa menjadi momentum strategis untuk optimalisasi capaian dan target program pendidikan dan kebudayaan di Provinsi Maluku dalam membangun sinergitas perencanaan Antara provinsi dan kabupaten kota yang terukur dan berkelanjutan dengan pelaksanaan yang benar tepat dan terkoordinir serta melalui pengendalian dan pengawasan yang efektif serta berjenjang. (KT/09)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Orno Buka Rakor Bersama Forum OPD Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top