• Headline News





    Saturday, January 11, 2020

    Pangdam Kasuari Pastikan bakal Dibangun Pangkalan Auri Antara di Sorong atau Manokwari


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Manokwari, Kompastimur.com 
    Sejak Provinsi Papua Barat terpisah dari Provinsi Induk Papua, hingga saat ini Papua Barat belum memiliki pangkalan TNI Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI) sebagaimana Wilayah dan Daerah lain di Indonesia.

    Papua Barat memiliki 12 Kabupaten dan 1 Kota, namun tidak satupun Daerah-Daerah tersebut di tempatkan pangkalan TNI AU.

    Panglima Kodam XVIII/Kasuari Mayor Jendral TNI Joppie Onesimus Wayangkau saat ditemui di Markas Kodam Jumat (10/01-2020) kemarin mengatakan mengenai pangkalan udara TNI AU memang merupakan kebutuhan suatu wilayah, hal itu sudah di Usulkan ke Panglima TNI namun masih terdapat berbagai pertimbangan.

    "Jadi memang kita TNI ini ada Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara sementara yang ada di Papua Barat hanya Angkatan Darat dan Angkatan Laut, belum ada angkatan Udara," kata Pangdam XVIII/Kasuari Mayor Jendral TNI Joppie Onesimus Wayangkau.

    Ia mengatakan belum ada pangkalan TNI Angkatan Udara di Papua Barat, dia sudah melaporkan kepada Panglima TNI agar ada AURI di Papua Barat, sebab itu merupakan mitra dari TNI AD

    "Saya pernah melaporkan hal ini Panglima TNI di Jakarta terkait belum ada pangkalan AURI, sebab mereka merupakan mitra kerja kita dan Panglima TNI menyampaikan bahwa itu akan di bangun," kata Pangdam.

    Meski demikian, proses menghadirkan TNI Angkatan Udara di Papua Barat  masih dalam proses peninjauan akan dibangun pangkalan udara atau Lanud.

    "Kata Panglima TNI saat itu akan dibangun Lanud namun masih dalam proses peninjauan, apakah di Manokwari atau di Sorong karena Lanud ini kan dia mengendalikan pesawat terbang kita besar, sementara kita lihat bahwa Bandara Rendani ini belum layak jadi pertimbangan dua kita tersebut Manokwari atau di Sorong," ujarnya.

    Mengenai dukungan Pemerintah Daerah untuk membangun pangkalan militer milik TNI Angkatan Udara , kata Pangdam pihaknya sudah membangun komunikasi baik dengan Pemerintah Papua Barat tapi juga pemerintah Daerah Kabupaten Sorong.

    "Rencana awal dibangun di Sorong  kami sudah komunikasi dengan Bupati Sorong, namun karena keterbatasan fasilitas dan lahan yang luas maka sementara waktu terpusat di Kabupaten Biak Provinsi Papua," jelas Wayangkau.

    Dikatakan, meski Kabupaten Biak dan Manokwari secara geografis dekat namun karena terpisah wilayah administratif antara Provinsi Papua dan Papua Barat. 

    "Untuk saat ini Lanud Biak mengkaver Manokwari dan Sorong, memang kita tidak terbatas hanya batas wilayah provinsi sebab kita kordinasi dalam koridor wilayah kesatuan Republik Indonesia, ada namanya Komando gabungan operasi yang terpusat di Biak membawahi Kodam Cendrawasi, Kodam Kasuari dan Kodam Pattimura Ambon," jelasnya.

    Seperti halnya pangkalan laut atau TNI Angkatan Laut di bawah Komando Armada III di Sorong dan untuk angkatan Udara namanya Koop III di Kabupaten Biak Provinsi Papua. (KT-ARA)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pangdam Kasuari Pastikan bakal Dibangun Pangkalan Auri Antara di Sorong atau Manokwari Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top