• Headline News


    Thursday, December 19, 2019

    Polisi Musnahkan 3.113 Liter Miras di Buru

    Namlea, Kompastimur.com
    Polres Pulau Buru memusnahkan sebanyak 3.113 liter minuman keras jenis Sopi dll dalam rangka mendukung operasi lilin siwalima 2019, bertempat di halaman Mapolres Kamis pagi (19/12).

    Pemusnahan dipimpin Kapolres Pulau Buru AKBP Ricky Purnama Kertapati, dihadiri Dandim 1506 Namlea Letkol Inf Syarifudin Azis, serta jajaran forkopinda lainnya.
    Miras tradisional jenis sopi yang dimusnahkan itu disita aparat kepolisian dari tujuh ketel penyulingan sopi diantaranya di Hutan belakang Desa Savana Jaya Kec Waeapo, sebanyak lima ketel penyulingan dengan total barang sitaan 870 liter.

    Sedangkan lainnya disita pada dua ketel prnyilingsn sopi di belakang Desa Jamilu, Kec.Namlea sebanyak 1.130 liter.

    Ada minuman jenis campuran seperti Bir, Anggur, Whisky, Brandy, Vodka dan Saven Days yang tidak punya izin edar juga turut disita sebanyak 114 liter dan telah ikut dimusnahkan.

    Kata Ricky, dilakukannya pemusnahan  bertujuan agar masyarakat tidak mengasumsi minuman alkohol kerena minuman beralkohol dapat membawa seseorang pada tindakan kejahatan.

    "Selain itu barusan kita melaksanakan gelar apel pasukan operasi lilin siwalima 2019 ini merupakan operasi kepolisian terpusat yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai hari Senin tanggal 23 Desember 2019, sampai dengan hari Rabu tanggal 1 Januari 2020,"imbuh Ricky.

    "Fokus pengamanan kita di daerah sini adalah gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan, dan bandara," tambahnya.

    Operasi ini melibatkan 191.807 personel pengamanan gabungan yang terdiri atas 121.358 personel Polri, 17.190 personel TNI, serta 55.259 personel yang berasal dari instansi terkait antara lain Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka, Pemadam Kebakaran, Linmas, Senkom dan instansi lainnya.

    Kekuatan personel tersebut akan ditempatkan pada 1.792 titik pos pengamanan, 745 titik pos pelayanan, dan 45 titik pos terpadu. 

    Strategi yang diterapkan dalam operasi ini adalah mengedepankan tindakan preventif dan didukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

    Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Siwalima 2019 juga dihadiri oleh Dandim 1506 Namlea Letkol Inf Syarifudin Azis, AS III, Kejari Buru, Kepala Pengadilan Namlea, Toko Agama, dan Tamu Undangan lainnya.(KT-10).

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Polisi Musnahkan 3.113 Liter Miras di Buru Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top