• Headline News

    Monday, December 16, 2019

    PAMSIMAS Berhasil Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Desa di SBT


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com
    Air bersih merupakan kebutuhan dasar Manusia, namun sebagai besar Desa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) masih krisis air bersih, sehingga keberadaan program penyediaan air minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di SBT sangat diperlukan dan hal ini mulai terjawab.

    Hal ini diungkapkan oleh beberapa Kepala Desa di SBT kepada media ini, beberapa waktu lalu.

    Kepala Desa Rumoga, Umar Rumoga mengatakan, setelah penantian sekian lama sejak terbentuknya Desa ini, warga tidak pernah menikmati air bersih dengan baik.  Diakuinya, air bersih selama ini menjadi salah satu permasalahan pokok di Desa yang dipimpinnya.

    Selama ini warga di desanya hanya mengandalkan air hujan dan sumur, sehingga bila musim kemarau tiba seperti saat ini, maka warga pun harus berjalan cukup jauh  ke sumber air  untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun dengan kehadiran program PAMSIMAS di Kabupaten SBT yang masuk ke Desa Rumoga, Kecamatan Kian darat sangat membantu dan telah dinikmati oleh warga setempat.

    Dirinya merasa bersyukur dengan kondisi saat ini karena apa yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di desanya telah terpenuhi dengan baik.

    “Air bersih memang cukup sulit diperoleh di sini,  apalagi desa kami berada di wilayah pegunungan, kami cuma mengandalkan air hujan dan sumur. Saat musim kemarau sumur yang ada juga kering, sehingga  warga berjalan kaki sangat jauh kurang lebih 1,5 km untuk mendapatkan air bersih. Kami sangat bersyukur dengan kondisi sekarang, kami ucapkan terima kasih terutama kepada pemerintah  daerah SBT khususnya dinas PU yang telah menghadirkan program PAMSIMAS ini di desa Rumoga,” ungkap Umar.

    Sementara Satlak KKM (Kelompok Keswadayaan Masyarakat) M.Afif Rumoga menuturkan, air bersih merupakan kebutuhan pokok yang dinantikan sejak lama oleh warga Desa Rumoga, olehnya itu sejak kehadiran program PAMSIMAS yang telah selesai pembangunannya ini menjadi jawaban dari penantian puluhan tahun silam warga di Desanya.

    Desa Rumoga terbagi atas 2 dusun yakni Rumoga (58 KK) dan Uta (35 KK), di tahap awal pembangunan sarana air minum ini baru menyentuh 1 (satu) dusun rumoga meliputi 285 jiwa (58 KK), sehingga bulan Desember ini targetnya sudah ada sambungan rumah (SR).

    “Dari pihak Pemerintah Desa juga turut andil dalam pembangunannya dengan menggelontorkan dana Desa sebesar 35 juta untuk mendukungnya. Ini untuk sambungan Rumah,”ujarnya.

    Fasilitator masyarakat program PAMSIMAS, Grifith Louhenapessy merincikan, untuk tahap awal program PAMSIMAS di Desa rumoga menelan anggaran sebesar RP.350 juta sesuai Rencana Kerja Masyarakat (RKM) yang diperoleh dari berbagai sumber, dari APBN Rp.245 juta, kontribusi masyarakat berupa uang tunai atau in-cash Rp 14 juta dan in-kind berupa material lokal dan tenaga kerja senilai Rp.56 juta, dan Dana Desa sebesar Rp 35 juta.

    Pihaknya sangat optimis pembangunan air bersih dapat berjalan dengan baik sampai akses  ke masyarakat, karena air minum merupakan kebutuhan pokok warga Desa Rumoga.
    Hal ini dapat dilihat dari antusias warga secara gotong royong dalam pembangunan sarana yang terbangun berupa broncap, reservoir, jaringan pipa transmisi dan distribusi. Pelaksana program pamsimas ini dari perencanaan kemudian pelaksanaan sampai tingkat pengelolaan sarana yang terbangun tersebut dilakukan oleh masyarakat setempat, pihaknya sebagai pendamping hanya memfasilitasi setiap  tahapannya.

    Sementara Kepala Desa Englas Kecamatan Bula, Jumadi Maba saat dimintai tanggapannya terkait dengan keberadaan PAMSIMAS yang juga masuk di Desanya ini mengatakata, kehadiran PAMSIMAS sangat membantu Warga Desanya, karena Desa yang dipimpinnya ini sebelumnya masih krisis air bersi sehingga PAMSIMAS hadir sebagai salah solusi dalam membantu masyarakatnya.

    “Sangat membantu Ibu-ibu dalam keagiatan sehari-hari. Sebelum ada Pamsimas kami masi krisis air bersih,” ucap Maba.

    Harapannya kedepan, Program PAMSIMAS ini terus dikembangkan sehinga bisa menjangkau semua Desa di Kabupaten Seram Bagian Timur yang masuk kategori krisis Air bersih. (KT/FS)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: PAMSIMAS Berhasil Penuhi Kebutuhan Air Bersih Warga Desa di SBT Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top