• Headline News





    Thursday, December 26, 2019

    Muhammad Sehol Jadi Rektor Uniqbu


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Namlea, Kompastimur.com
    Ketua Yayasan Muslim Iqra Buru, M.Yunan Tukuboya ST MM, melantik Dr Muhammad Sehol SPd.MSi.MPd.Si sebagai Rektor Universitas Iqra Buru (Uniqbu) masa bakti 2020-2024,bertempat di Auditorium Uniqbu Namlea, Senin sore (23/12).

    Muhammad Sehol dilantik menggantikan Muhammad Mukaddar SAg MPdAg yang telah mengakhiri masa jabatan sebagai rektor Uniqbu. Selanjutnya Mukaddar kini memilih berkiprah di politik dengan terjun sebagai bakal calon Bupati Buru Selatan.

    Yunan Tukuboya usai melantik dan mengambil sumpah Rektor Uniqbu yang baru menegaskan, selama perguruan tinggi swasta di Buru ini dipimpin Mukaddar, telah banyak membuahkan hasil positif.

    Bertepatan di Hari Senin tanggal 23 Desember 2019, telah berakhir kepemimpinan beliau sebagai rektor.

    Yayasan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas capaian yang telah diraih Mukaddar.

    Diakuinya kalau Mukaddar telah memberikan hasil positif yang kini dilihat bersama sivitas akademika.

    Kepada rektor yang baru saja dilantik, civitas akademika Uniqbu menitipkan banyak hal agar apa yang telah dipaparkan Sehol saat pemilihan rektor, dapat diwujud nyatakan selama memimpin universitas.

    Sementara itu, Kepala LLDIKTI Wilayah XII Dr. Muhammad Bugis, SE, M.Si dalam sambutannya ikut memuji Uniqbu yang diakuinya sebagai perguruan tinggi swasta yang terbaik di Maluku.

    Bugis optimis, Sehol akan mampu memajukan Uniqbu, karena ia sangat mumpuni membantu LLDIKTI Wilayah XII meningkatkan akreditasi di beberapa perguruan tinggi swasta di Maluku dan Maluku Utara. 

    Sementara itu Bupati Buru, Ramly Ibrahim Umasugi SPi MM dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten I, Ir Masri Bugis, turut menyampaikan  selamat kepada Dr. Muhammad Sehol,Rektor Universitas IQRA Buru Periode 2020-2024 yang baru saja dilantik, sekaligus memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah menunjukkan komitmen, dedikasi dan loyalitas yang tinggi bagi pengembangan Universitas IQRA Buru.

    Ramly berharap, kepercayaan yang telah diberikan kepada Sahol untuk menahkodai Kampus Uniqbu ini, dapat dijalankan dengan baik, penuh perhatian, kerja keras disertai rasa tanggung jawab yang tinggi, serta didukung dengan pola kerja-sama yang konstruktif antara pihak yayasan dengan universitas.

    Ramly juga mengatakan, kalau dunia perguruan tinggi saat ini sedang berubah cepat. Kita tidak dapat bertahan dan menutup diri dari dinamika dan perkembangan global.

    Semua bangsa sadar, bahwa perkembangan peradaban manusia sangat dipengaruhi oleh kemampuan masyarakat dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Disinilah pentingnya peran perguruan tinggi, sebagai pusat unggulan center of excellent dalam membangun sumberdaya manusia yang berkualitas. Pengembangan perguruan tinggi dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain ketersediaan prasarana pendidikan, sarana dan kurikulum, dosen, staf administrasi, dukungan anggaran, dan lain-lain.

    Salah satu faktor pendukung keberhasilan tersebut, adalah dukungan manajemen dan leadership dari pimpinan perguruan tinggi, utamanya rektor dan jajaran pimpinan fakultas.

    "Tidak salah jika kondisi ini kita ungkapkan dengan istilah the man behind the gun artinya baik buruknya institusi perguruan tinggi, sangat ditentukan oleh siapa yang mengelola atau memimpin lembaga pendidikan tersebut. Kepemimpinan yang baik, keberhasilan sebuah institusi selalu dikaitkan pendidikan, Ada korelasi yang sighifikan antara peningkatan kinerja institusi pendidikan dengan efektivitas seorang dengan pemimpin. Keberhasilan sebuah institusi pendidikan, tentu perlu didukung juga dengan manajemen, administrasi dan organisasi yang solid,"pungkas Ramly.

    Olehnya itu, Ramly minta agar segenap jajaran Universitas IQRA Buru, selalu melakukan konsolidasi dan membangun komunikasi dengan semua pihak, untuk bersama-sama membangun komitmen komitmen yang baru,yang universal, yang mampu mengakomodir kepentingan bersama.

    Yang tidak kalah penting, adalah membangun tata kelola dan manajemen perguruan tinggi yang sehat, transparan dan akuntabel, karena perguruan tinggi yang sehat  kunci untuk merupakan utama mewujudkan  sumberdaya manusia yang berkualitas.

    "Akhirnya kepada Rektor Universitas IQRA Buru yang baru, atas nama Pemerintah Daerah, Saya mengucapkan Selamat bekerja, dan tunaikanlah tanggung jawab Saudara dengan ketulusan hati untuk berkarya dan mengabdi bagi banyak orang,"tutup Ramly.(KT-10).


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Muhammad Sehol Jadi Rektor Uniqbu Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top