• Headline News


    Thursday, December 5, 2019

    Ada Aroma Korupsi Dana Desa Silohan


    SBT, Kompastimur.com
    Pengelolaan Dana Desa di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) bukan hal baru, bahkan SBT merupakan salah satu Kabupaten dengan pretasi buruk dalam pengelolaan Dana Desa. 

    Hal ini diduga  kembali terjadi di Desa Silohan Kecamatan Bula Barat. Hal ini diungkapkan oleh salah satu Pemuda asal Silohan kepada Kompastimur.com , Kamis (05/12/19 di Bula.

    Salah satu sumber di Desa Silohan yang enggang namanya dipublikasikan ini menjelaskan, beberapa item program dalam pengelolaan Dana Desa Tahun Anggaran 2018 Desa di Desa silohan diduga tidak dilaksanakan oleh Kepala Desa. 

    Program-program tersebut terdiri dari, Kegiatan kejadian luar biasa dengan kode rekening 251 dengan nilai Rp.20,000,000, Bantuan Kelompok Perkebunan Rp.79,150,000 dengan kode rekening 241 serta Insentif TK PAUD senilai Rp.5,000,000.

    "Kegiatan itu tidak dilaksanakan, ini kan kejahatan. TK seng (tidak) jalan dan baru dibuka dari oktober 2019. lalu anggaran 2018 ini dikemanakan," tanya Sumber ini

    Selain itu, sumber ini menambahkan. Kepala Desa Silohan yang diketahui bernama Langgur Rumatiga ini tidak jelas dalam pemberian Insentif untuk Taman belajar mengaji di Desa tersebut, karena insentif untuk taman belajar mengaji dengan harga satun Rp.158,000/TBM/Bulan Hanya diperuntukan untuk dua orang sesuai yang direalisasikan dilapangan, sementara dalam rencana Anggaran biaya (RAB) tahun anggaran 2018 terdapat 6 Orang

    "Hanya 2 saja, sedangkan di RAB itu ada 6 orang. Ini kan aneh," ucap Sumber ini.

    Sementara untuk Dana Desa tahun 2019 sampai saat ini diduga belum direalisasikan, padahal tahap I dan tahap II telah selesai dicairkan oleh pihak Desa. Untuk itu, sumber ini mendesak aparat penegak hukum untuk segera memanggil dan memeriksa Kepala Desa Silohan, karena diduga atas tindakan yang bersangkutan sangat merugikan masyarakat dan negara.

    "Pihak Kejaksaan segera panggil kades untuk dimintai pertanggungjawabannya, karena ini sangat merugikan masyarakat," ucap Sumber ini

    Sampai berita ini dipublikasikan, Kepala Desa Silohan, Langgur Rumatiga belum dapat dikonfirmasikan. (KT-F)

    Video Terbaik Tahun Ini

    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ada Aroma Korupsi Dana Desa Silohan Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top