• Headline News


    Friday, November 8, 2019

    Sinaga Optimis RSUD Namrole Lulus Akreditas

    Direktur RSUD Namrole, dr Daud Sinaga
    Namrole, Kompastimur.com 
    Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Namrole Daud Sinaga begitu optimis dan sangat yakin kalau RSUD Namrole akan lulus dan menyandang nama sebagai rumah sakit terakreditas.

    Hal ini disampaikn Sinaga saat ditemui wartawan di ruang kerjanya di RSUD Namrole, Kamis (7/11).

    Sinaga menjelaskan, proses verifikasi selama tiga hari yang berlangsung dari tanggal 4-6 November 2019 telah dilalui pihaknya dengan sukses dan seluruh kinerja baik terkait pelayanan telah ditunjukan demi kepentingan pengembangan RSUD Namrole yang lebih baik kedepan.

    “Kita kan sudah suksekan itu, kami harapkan dari sistim mutunya ada kelayakan dan bisa maju, ya mudah-mudahan hasilnya ada dan kita bisa mendapatkan nilai yang baik. Kita targetkan harus lulus. Semua itu sudah kita buktikan lewat proses verifikasi kemarin ada nilai-nilai dan titik-titik yang akan membuat kita lulus. Jadi sudah dipastikan kita lulus,” ucap Sinaga optimis.
    Target kelulusan yang ingin dicapai oleh RSUD Namrole sediri menurut Sinaga yaitu minimal berakreditas Madya. Sebab RSUD Namrole sangat memperioritaskan keselamatan pasien.

    Bahkan, dikatakan, untuk mencapai semua itu, RSUD Namrole saat ini untuk tingkat pelayanan sudah mencapai 70 sampai 80 persen.

    “Jadi semua draf-draf atas nama keselamatan pasien di rumah sakit utama ini terus kita benahi. Kemarin mereka (tim akreditas) sudah melihat kita telah mengikuti jejak dan langkah-langkah yang telah diterapkan untuk mencapai standar pelayanan. Jadi kita lihat RSUD Namrole sudah banyak perubahan karena saat ini kita sudah mencapi angka 70 sampai 80 persen dalam pelayanan dan tinggal kita lakukan pembaharuan-pembaharuan serta perubahan saja sehingga bisa mencapai standar menjadi 100 persen,” jelas Sinaga.

    Menurutnya, RSUD Namrole merupakan RSUD yang terbilang baru namun, pihaknya terus mengusahakan untuk meningkatkan mutu pelayanan yang tim akreditas harapakan.

    “Tinggal kita tingkatkan saja. Mutu itu dari segi pelayanan pasien, termasuk fasilitasinya, sarananya, pokoknya semuanya sehingga bisa menciptakan kenyamanan pasien jika ia keluar dari sini dengan membawa rasa nyaman. Kalaupun ada pasien yang kepingin berobat di rumah tapi tetap kita pantau dengan membangun koordinasi ke Puskesmas terdekat untuk memantau pasien tersebut sehingga kalau pasien itu balik ke RSUD kita bisa tahu record pengobatannya. Jadi dia pulang bukan sekedar pulang,” ujarnya.

    Ditanya terkait tenaga dokter, Sinaga menuturkan, walaupun tenaga dokter masih kurang, namun saat ini sudah ada dokter PNS dan dokter kontrak di RSUD Namrole baik itu untuk umum maupun spesialis yang telah disiapkan untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat Bursel yang ingin melakukan pengobatan di RSUD Namrole.

    “Untuk tenaga dokter memang kita ada kekuarangan, untuk rumah sakit kita yang besar ini sudah kami usahakan, kita koordinasikan ke pusat untuk penambahan dokter spesialis dan ke Pemprov Maluku untuk penambahan dokter umum walaupun berbentuk kontrak dan itu yang bisa kita lakukan, karena untuk dokter PNS itu kan bertahap jumlahnya,” terangnya.
    Lebih jahu Sinaga menambahkan, untuk hasil akreditas lulus atau tidaknya RSUD Namrole masih berproses sebab tim akreditas yang datang akan merangkumkan semua informasi dan semua penilaian untuk dijadikan bahan pertimbangan lulus atau tidaknya RSUD Namrole.

    “Ada prosesnya, jadi tim ini akan mengumpulkan dan menilai lebih dalam dan melaporkan. Kemungkinan dua minggu lagi hasil sudah bisa kita ketahui. Kalau dari kami pasti lulus tapi kita lihat nanti bagaimana dari mereka (Tim Akreditas), apakah target lulus tadi apakah kita bisa dapat Madya atau tidak. Itu soal nanti, yang penting standar kami bagaimana kita majukan rumah sakit ini,” paparnya.

    Dirinya mempersilakan kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan pengobatan ke RSUD Namrole agar tidak ragu-ragu dengan pelayan di RSUD yang dipimpinnya saat ini.

    “Ya kalau untuk masyarakat ya datang saja, kalau ingin berobat ke RSUD, kita tetap layani karena prioritas utama kami itu keselamatan pasien,” tutupnya. (KT/02)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sinaga Optimis RSUD Namrole Lulus Akreditas Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    Scroll to Top