• Headline News

    Wednesday, November 6, 2019

    Pimpinan DPRD SBT Dilantik, Ini Harapan KNPI SBT


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    SBT, Kompastimur.com 
    Proses pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur telah selesai digelar. Harapan besar datang dari dewan pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Seram Bagian Timur dibawa kepemimpinan Rusdy Rumata, Selasa (05/11/18) di Bula.

    Rumata berharap, para pimpinan DPRD SBT yang baru selesai dilantik hari ini (selasa-red) dapat menjalankan tugasnya dengan baik, benar dan tekun.

    Harapan besar ini dititipkan kepada para Pimpinan DPRD baru, yakni Ketua DPRD SBT, Nof Rumauw dari PKS, Wakil Ketua I, Agil Rumakat dari Partai Golkar dan Wakil Ketua II, Ahmad Voth dari Partai Gerindra.

    Keberhasilan DPRD SBT kedepan dalam pengambilan keputusan yang berpihak pada Rakyat merupakan tolak ukur keberhasilan para pimpinan DPRD SBT yang baru selesai dilantik dan diambil sumpah.

    "Harapan saya dengan telah dilantiknya Pimpinan DPRD, mereka bisa menjalankan tugasnya sebagai pimpinan DPRD. Tugas pimpinan DPRD diantaranya adalah dapat menyimpulkan setiap hasil rapat DPRD untk mengambil keputusan. Tentu ini menjadi tolak ukur keberhasilan para pimpian DPRD ini," ucap Rumata.

    Selain itu, para pimpinan DPRD juga bagian dari juru bicaranya rakyat, sehingga kedepan apa yang disampaikan bukan atas keinginan personal, namun benar-benar menyampaikan keinginan dan harapan besar para rakyat di negeri ini.

    Selain itu, pimpinan DPRD pada massa periodesasi 2019-2024 ini dapat mengawal kepentingan rakyat dengan memaksimalkan fungsi pengawasan, fungsi legislasi dan fungsi budgeting. Bukan hanya pimpinan DPRD, namun itu merupakan hak yang melekat pada semua Anggota DPRD.

    "Siapapun pimpinan DPDR, ia harus sadar bahwa lembaga DPRD adalah lembaga perwakilan rakayat. Harus maksimalkan fungsi pengawasan, fungsi legslasi, dan fungsi anggaran," kata Rumata.

    Selaku Ketua DPD KNPI SBT, Rumata menaruh harapan besar kepada para Wakil Rakyat yang saat ini duduk di DPRD SBT, harapan besar diutarakan akibat hadirnya para aktivis yang saat ini duduk sebagai Wakil Rakyat di DPDD SBT yang dipercayakan masi memiliki idealis dan semangat dan paham benar tentang kondisi kekinian.

    Selain itu, Rumata menambhakn, wakil Rakyat kedepan harus mengawal semua kebijakan Pemerintah Daerah (Eksekutif) dengan baik, karena dikhawatirkan jangan sampai kapasitas tersebut disalahgunakan untuk kepentingan pribadi sehingga membiarkan eksekutif terus melakukan penyimpangan.

    "Fungsi pengawasan jangan sampai jadi alat tawar pribadi untuk mengkondisikan eksekutif melakukan penyimpangan. Saya percaya bahwa 25 Anggota DPRD saat ini adalah orang pilihan rakyat apalagi yang didominasi oleh pemuda dalam menduduki jabatan DPRD ini, mereka tentu masih memiliki idealisme, energik dan merakyat serta masih faham akan promblem masyarkat kita saat ini," tutup Rumata.

    Dirinya mengucapkan selamat atas pelantikan Ketua DPRD SBT dan para Wakil Ketua DPRD SBT.
    Untuk diketahui, pelantikan tersebut dilaksanakan berdasarkan Keputusan Gubernur Maluku Nomor: 231 Tahun 2019 tentang peresmian pengangkatan Pimpinan  Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Seram Bagian Timur.

    Keputusan Gubernur Maluku tersebut berdasarkan surat Bupati Seram Bagian Timur Nomor: 155/555/2019 tertanggal 9 Oktober 2019 perihal penyampaian usul calon Pimpinan DPRD Kabupaten Seram Bagian Timur dan Surat Pimpinan sementara DPRD Nomor:172/85/2019 tanggal 8 Oktober 2019 perihal penyampian nama calon pipinan DPRD Kabupaten SBT. (KT/FS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pimpinan DPRD SBT Dilantik, Ini Harapan KNPI SBT Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top