• Headline News


    Friday, November 1, 2019

    Pengambilan Formulir Calkada Bursel di Golkar Bertambah


    Namrole, Kompastimur.com 
    Ternyata masih ada Calon Kepala Daerah (Calkada) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) yang berminat untuk memperebutkan rekomendasi Partai Golkar.

    Buktinya, setelah tidak ada Calkada yang mengambil formulir di Sekretariat Tim Penjaringan DPD II Partai Golkar Kabupaten Bursel, Kamis (31/10), ternyata pada Jumat (1/11) kembali ada Calkada yang mengutus timnya untuk mengambil formulir pendaftaran, yakni Calon Bupati Sahlan Tomia.

    “Hari ini yang datang ambil formulir Calon Bupati Bursel, Sahlan Tomia yang diwakili oleh Rusdi Isan dan diterima oleh saya selaku Ketua Tim Penjaringan serta Sekretaris Tim Penjaringan Yomes Hukunala dan Bendahara Tim Penjaringan Jamin Ngidihu,” kata Ketua Tim Penjaringan DPD II Partai Golkar Kabupaten Bursel Sunardi Gura Mamulati kepada wartawan di Namrole, Jumat (1/11).

    Dengan diambilnya formulir pendaftaran oleh Sahlan Tomia, maka sudah terdaftar Calkada yang mengambil formulir pendaftaran di Partai Golkar sebanyak 20 orang Calkada.

    “Bakal Calon Bupati 14 orang dan Wakil Bupati 6 orang. Jadi, sudah 20 orang yang ambil formulir,” urai Mamulati.

    Mamulati pun mengaku bahwa Bakal Calon Bupati, Julianus Seleky yang sebelumnya telah mengkonfirmasi untuk mengambil formulir pendaftaran pada hari Kamis (31/10), ternyata belum mengutus timnya untuk mengambil hingga Jumat (1/11).

    “LO dari Pa Nus sampai tutup di pukul 18.00 WIT tadi belum datang, tetapi Tim Penjaringan masih menunggu semua para Bakal Calon untuk mendaftarkan diri hingga batas terakhir besok tanggal 2 November 2019 pukul 18.00 WIT,” ucapnya.

    Untuk diketahui, sejak dibukanya penjaringan di DPD II Partai Golkar Kabupaten Bursel, sebanyak 19 Calkada yang telah mengambil formulir pendaftaran, yang terdiri dari pasangan Bahtiar La Galeb – Sami Latbual (BISA) yang mengambil formulir pendaftaran, Rabu (30/10).

    Kemudian di harui Selasa (29/10) sejumlah Calkada yang mengambil formulir pendaftaran terdiri dari pasangan Faisal Amin Souwakil - Saul Tasane (SOLTAN), Syahroel A. E. Pawa – Akfons Lesnussa. Selanjutnya, Abdul Mutalib Laitupa (AMAL) sebagai Calon Bupati, serta Nickolaus Nurlatu, Frans N T Kuara, dan Gerson Selsily Calon Wakil Bupati.

    Sedangkan untuk hari pertama, Senin (28/10) sejumlah Calkada yang telah mengambil formulir pendaftaran terdiri darti Masrudin Solissa, Safitri Malik Soulisa, Hadji Ali, Musa Souwakil, Abdurahman Soulisa, Idrus Wally, Elissa Lesnussa, Saiful Loilatu, Muhammad Mukaddar.

    Mamulati menjelaskan bahwa DPD II Golkar Kabupaten Bursel membuka pendaftaran dari tanggal 28 Oktober hingga tanggal 10 November 2019.

    “Kami start dari tanggal 28 Oktober bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda dan Ditutup pada 10 November bertepatan dengan hari Pahlawan. Jadi dari tanggal 28 Oktober sampai tanggal 2 November itu waktu pengambilan formulir pendaftaran dan nanti tanggal 5 sampai tanggal 10 November itu pengembalian berkas calon,” teranganya.

    Dijelaskan, berdasarkan Juklak dari DPP Partai Golkar harus ada LHKPN sebagai salah satu persyaratan bagi calon kepala daerah yang ingin mendaftarkan diri di Partai Golkar.

    “Sampai hari ini pendaftaran di Golkar gratis dan tanpa mahar, hanya saja sesuai juklak dari DPP itu bagi calon yang ingin mendaftar di Partai Golkar harus menyerahkan LHKPN, minimal ada surat tanda terima dari KPK karena partai Golkar tidak mau rugi ketika memberi rekomendasi kepada calon yang nantinya bermasalah dengan keuangan atau kasus korupsi,” ucapnya.

    Selain, tanggal pengambilan dan pengembalian berkas calon, Mamulati menuturkan akan ada sebuah sesi atau panel yang disiapkan oleh Partai Golkar yang nantinya digunakan untuk mempertemukan para calon kepala daerah agar dapat menyampaikan visi dan misi bakal calon.

    “Sesuai hasil pleno terbuka itu akan disipakan sebuah panel untuk penyampaian visi misi dari kandidat. Dan akan disesuaikan dengan jadwal dari DPD I karena mereka dari DPD I harus hadir dalam penyampaian visi misi tersebut. Jadwalnya sementara ditunggu dari DPD I Partai Golkar,  yang jelas setelah tanggal 10 itu akan kami umumkan,” tutupnya. (KT/01)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pengambilan Formulir Calkada Bursel di Golkar Bertambah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top