• Headline News


    Thursday, November 21, 2019

    Kontingen Toraja Utara Ikut Pertikawan Pramuka Tingkat Nasional

    Jakarta,  Kompastimur.com 
    Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan Wanabakti (Pertikawan) Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur pada 18 sampai 25 November 2019. 

    Kegiatan tersebut diikuti sekitar 3000 pramuka penegak dan pandega utusan kwartir daerah di Indonesia, termasuk 32 anggota Pramuka Kwarcab Toraja Utara dari Saka Wanabakti KPH Saddang II dan Saka Kalpataru.

    “Tujuan kegiatan ini sebagai wahana mengaplikasikan keterampilan dan memberikan kecakapan bagi anggota Satuan Karya (Saka) Wanabakti dan Kalpataru,” kata Roby Zulpandi, Ketua Dewan Kerja Penegak dan Pandega Nasional, sekaligus penanggungjawab Sangga Kerja Pertikawanan Nasional 2019. 

    Saka Wanabakti dan Kalpataru adalah wadah pembinaan bagi pramuka penegak dan pandega yang memiliki minat di bidang ilmu pengetahuan-teknologi, dan kewirausahaan dalam pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam hutan dan lingkungan hidup. 

    Pertikawan Nasional 2019 dibuka pada Selasa, 19 November 2019 di Bumi Perkemahan Cibubur oleh  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kak Siti Nurbaya Bakar.
    Adapun kegiatan Pertikawanan, antara lain: Giri Wana Rally (di Taman Nasional Gunung Halimun Salak),  kampanye ramah lingkungan berupa busana dari limbah, color dancemob, wirausaha pemuda, makanan sehat dan komestik aman,  online shop, energi terbarukan, perlebahan,  pengelolaan sampah plastik,  karya ilmiah inovasi, penanaman pohon, aneka lomba bagi mileneal dan puluhan kegiatan bakti  seperti pembuatan 3000 lobang biopori.  

    Ada juga kegiatan wisata edukasi (Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan Taman Nasional Kepulauan Seribu, Kebon Raya Bogor, Puspitek Serpong, Universitas Indonesia dan IPB), dan karnaval di CFD Jalan Sudirman “GNPDAS Jakarta Pertikawan Festival” pada 24 November 2019.(KT/Rls/Febry)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kontingen Toraja Utara Ikut Pertikawan Pramuka Tingkat Nasional Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top