• Headline News


    Sunday, October 13, 2019

    Peringati WPD 2019, Apoteker Se-SBT Edukasi Siswa SD Tentang Obat


    Bula, Kompastimur.com 
    Dalam rangka memperingati World Pharmachist Day atau hari apoteker sedunia yang jatuh pada tanggal 25 September 2019 sejumlah apoteker yang tergabung dalam Ikatan Apoteker Indonesia Pengurus Cabang Kabupaten Seram Bagian Timur  (SBT) menggelar kegiatan edukasi siswa tentang pengenalan obat di SD Negeri 4 Bula SBT dengan program Apoteker Cilik/Apocil WPD 2019.

    Kegiatan edukasi yang di laksanakan di dalam ruangan kelas, Sabtu (12/09) mengusung tema “Bersama Apoteker Mengenali Obat Sejak Usia Dini" dan berlangsung dari jam 10.00 WIT hingga 13.00 WIT dan di hadiri oleh 55 siswa SDN 4 Bula dari berbagai kelas sperti kelas 5 dan 6 serta sejumlah dewan guru yang juga ikut mendampingi siswanya dalam kelas secara langsung selama kegiatan berjalan.

    Pantauan media ini, terlihat seluruh siswa sangat antusias dan bersemangat mengikuti tahapan demi tahapan kegiatan yang terdiri dari game edukasi, pemberian materi tentang pengenalan obat dan kuis evaluasi berhadiah.

    Joesna Lesoin selaku Kepala Sekolah SDN 4 Bula yang juga turut hadir dalam kegiatan ini merasa sangat bersyukur dan berterimakasih atas kegiatan yang di laksankan di sekolahnya. Ia berharap kegiatan positif seperti ini juga bisa di lakukan IAI SBT di Sekolah Dasar lainnya agar anak-anak peserta didik  mendapatkan pemahaman yang sama seperti yang di dapatkan oleh siswa siswanya.

    “Saya sangat mengapresiasi positif kegiatan edukasi yang di lakukan rekan-rekan apoteker SBT pada hari ini. Alhamdulillah tadi kita sudah lihat sama-sama ya semua siswa begitu semangat dan terlihat asyik mengikuti kegiatannya sampai selesai. Memang kalau saya perhatikan selain sajian materi dan cara penyampaiannya mudah di mengerti oleh siswa karena menggunakan perangkat belajar ada juga game edukasi dan kuis berhadiah yang  membuat mereka semakin bersemangat," tutur Lesoin.

    “Secara pribadi saya bangga kepada teman teman IAI SBT  atas sumbangsih keilmuannya pada hari ini, saya berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini akan tetapi ada kegiatan yang sama atau serupa yang di lakukan di sekolah sekolah lain agar siswa-siswa mereka mendapatkan edukasi yang sama. Pendidikan merupakan upaya sadar untuk mencerdaskan anak bangsa, ini tentu penting sekali apalagi diajarkan sejak dini dimana usia inilah kemampuan menyerap peserta didik sangat tinggi,” tambahnya.

    Pada kesempatan yang sama ketua Ikatan Apoteker Indonesia pimpinan cabang SBT, Rasna S.Si A.Pt menjelaskan jika kegiatan ini bukan saja di lakukan oleh IAI SBT tapi hampir di seluruh Indonesia.

    Semua IAI masing masing menyelanggarakan kegiatan serupa dengan tema, isi kegiatan dan waktu yang sama sesuai instruksi sebagaiman surat keputusan tertanggal 04 september 2019 dari IAI pusat tentang peringatan World Pharmachist Day 2019 beserta juknis kegiatannya.

    "Kegiatan hari ini kami laksanakan serempak di  seluruh Indonesia dengan tema, isi kegiatan dan waktu yang sama. Terkecuali ada beberapa daerah yang memang mendapat pengecualian karena beberapa alasan", tutur Rasna.

    Lebih jauh Rasna menjelaskan Tanggal 25 September dipilih sebagai Hari Apoteker Sedunia karena pada tanggal ini FIP terbentuk, tepatnya pada 25 September 1912. Hari apoteker sedunia diciptakan oleh Dewan Federasi Farmasi Internasional (FIP) World Congress of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences yang diadakan di Istanbul, Turki pada 2009 dengan tujuan utama peringatan ini adalah untuk mendorong peran dan kegiatan apoteker dalam meningkatkan kesehatan di setiap belahan dunia.

    Di Indonesia, apoteker diwadahi dalam Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) yang menjadi satu-satunya organisasi profesi kefarmasian di Indonesia yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 41846/KMB/121 tertanggal 16 September 1965. 

    “Di Kabupaten SBT, kita baru terbentuk Agustus 2019 kemarin dan alhamdulillah meski belum di kukuhkan secara resmi karena memang sempat terkendala karena gempa yang terjadi di kota Ambon tanggal 26 September 2019 yang dengan sendirinya membuat jadwal pengukuhan terpaksa harus di mundurkan,” jelasnya.

    Kendati demikian, lanjutnya, semangat dan respek rekan-rekan IAI SBT terhadap WPD 2019 pada hari ini sangat tinggi apalagi ini perdana dan hanya dengan persiapan waktu yang singkat serta pendanaan seadanya dari iuran anggota  kegiatan mulia ini bisa di jalankan.

    Terimakasih tak terhungga atas kerjasamanya, begitupun terimakasih yang sama kepada segenap guru dan kepala sekolah SDN 4 Bula yang telah dengan setulus hati mendukung dan membantu pelaksanaan kegiatan Apocil WPD 2019. Semoga kegiatan memberi sumbangsih sebagai upaya menyehatkan dan mencerdaskan generasi bangsa. Tak lupa mohon doanya juga semoga ApotekerCilik WPD 2019 bisa tercatat sebagai di rekor MURI sebagai rekor edukasi obat kepada siswa sekolah dasar terbanyak,” tandasnya. (KT/ AW)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Peringati WPD 2019, Apoteker Se-SBT Edukasi Siswa SD Tentang Obat Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top