• Headline News





    Wednesday, October 16, 2019

    Pasca Gempa, Siswa Belajar di Bawah Pohon Kenari


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimur.com 
    Usai diguncang Gempa bermagnitudo 6,5 SR yang mengguncang beberapa desa di Maluku pada 26 September lalu mengakibatkan dua dinding gedung bangunan Sekolah Dasar (SD) Negeri Wainuru, Batu Dua dan Lengkong (Wabale) Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah mengalami keretakan akibatnya para siswa hanya dapat belajar di bawah pohon kenari.



    Siswa sekolah tersebut saat ini tidak dapat melakukan rutinitas belajar mengajar di ruangan seperti biasanya.

    Kepala sekolah SD N Wabale, Nur Ain Lakuari kepada wartawan mengaku dalam beberapa minggu ini para siswa sekolah tersebut tidak dapat menjalankan aktivitasnya dan telah diliburkan.

    “Sebagian besar gedung sekolah sedang direhab total, ditambah dua bangunan tersisa yang retak pasca gempa. Terpaksa untuk beberapa minggu ini para siswa kami liburkan,” Ujar Kepala SD N Wabale, Nur Ain Lakuari, Rabu (16/10).

    Dijelaskan Lakuari,  sebenarnya dua bangunan itu masih bisa digunakan, namun karena masih sering terjadinya guncangan, maka pihak sekolah mengambil kebijakan untuk meliburkan semua siswa.

    “Sampai detik ini, sudah lebih dari 1500 kali gempa susulan. Kami tidak berani ambil resiko untuk belajar di ruang kelas sehingga kami liburkan para siswa,” terangnya.

    Lanjutnya, karena hal diatas, dua hari belakangan ini para siswa belajar dengan kondisi seadanya di bawah pohon kenari di belakang Dusun.

    “Kami sudah menanyakan kepada para siswa, mau belajar di ruangan? Tak satupun suara, setelah seruan, kita belajar di puncak saja ya! dengan sigap, kompak dan semangat mereka berteriak hore,” ujarnya.

    Lakuari mengaku, pihaknya telah mendapat bantuan terpal setelah memasukan proposal bantuan di Badan Nasional Pusat Bencana (BNPB) yang sementara bermarkas di posko Tulehu.

    “Walaupun di tenda pengungsian, kami telah mengupayakan kepada orang tua murid agar tetap memperhatikan waktu belajar malam anak-anak. Dan Alhamdulillah semangat anak-anak untuk belajar sangat luar biasa.” tuturnya. (KT/12)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pasca Gempa, Siswa Belajar di Bawah Pohon Kenari Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top