• Headline News





    Tuesday, October 22, 2019

    OJK Maluku Mengajar di Sekolah


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimur.com 
    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Maluku turun dan mengajar di sekolah MTs Nurul Ikhlas Kebun Cengkeh, Kecamatan Sirimau kota Ambon-Maluku, Selasa (23/10/2019).

    Dalam kegiatan tepat di peringatan Hari Santri Tahun 2019 dan juga Hari Asuransi ini, OJK menghadirkan dua narasumber dari internal OJK.

    Kegiatan OJK mengajar dipandang penting dan dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pelajar tingkat menengah pertama tentang apa itu asuransi dan pentingkah asuransi. Apalagi, materi mengenal OJK dan Industri jasa keuangan sudah masuk dalam kurikulum SMP/MTs, bahkan ada dalam soal ujian nasional.

    Stella Matitaputty selaku Staf Edukasi Perlindungan Konsumen pada kantor OJK Maluku, dalam materinya menjelaskan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah lembaga yang independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan.

    OJK dibentuk berdasarkan UU Nomor 21 Tahun 2011 yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan.

    Lanjutnya, OJK didirikan dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, serta menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan.

    Sedangkan Jefry Pasaribu pada kesempatan itu membawakan materinya tentang apa saja asuransi di Indonesia.

    Kegiatan ini, mendapat respon baik dari puluhan siswa sekolah dimaksud, nampak antuasias siswa-siswi dalam merespon materi yang disampaikan, dengan bertanya kepada narasumber terkait materi yang disampaikan.

    Beragam pertanyaan pu dilontarkan para siswa baik seputar apakah ada asuransi yang dikhususkan bagi pelajar di tengah bencana gempa bumi yang melanda Maluku baik Kota Ambon, Maluku Tengah, maupun Seram Bagian Barat? apakah ada asuransi bencana alam dan juga ketika siswa berjalan ke sekolah atau pulang yang dan terkena bencana kecelakaan lalu lintas?, maupun apakah ada produk asuransi kepada pelajar.

    Berbagai pertanyaan para siswa ini mendapat jawaban yang memuaskan dari narasumber.

    Sementara pihak sekolah MTs sangat memberikan apresiasi positif terhadap program yang dilakukan oleh OJK dan berharap kedepan OJK Maluku dapat memberikan materi lainnya kepada siswa-siswi pada sekolah dimaksud sesuai dengan Tugas pokok dan Fungsi OJK, bahkan program pendidikan lainnya yang berkaitan langsung dengan OJK.

    Sebeb, menurut pihak sekolah kondisi pembelajaran seperti ini perlu juga di serap oleh para siswa-siswi. (KT/12)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: OJK Maluku Mengajar di Sekolah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top