• Headline News


    Sunday, September 8, 2019

    Tumbangkan Petinju Thailand, Ongen Saknosiwi Harumkan Nama Indonesia

    Lagu Terbaik Tahun 2021
    Foto : Ongen Saknosiwi, petinju kelahiran Desa Waenibe, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional usai merebut gelar juara kelas bulu versi WBC Asian Boxing Council Continental setelah mengalahkan petinju Thailand, Nanthawat Mailochat di Singapura, Sabtu (7/9) malam.


    Singapura, Kompastimur.com
    Ongen Saknosiwi, petinju kelahiran Desa Waenibe, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional usai merebut gelar juara kelas bulu versi WBC Asian Boxing Council Continental.

    Petinju kelahiran 15 Juli 1994 yang kini berusia 25 tahun ini menang di pertarungan internasional petamanya itu usai menumbangkan petinju Thailand, Nanthawat Mailochat, di Singapura, Sabtu (7/9) malam.

    Ia menang knockout (KO) pada ronde keempat setelah menjatuhkan lawannya dengan sebuah pukulan ke arah rusuk kanan.

    Pasca mengalahkan petinju Thailand, Ongen yang adalah anak ke 2 dari 5 bersaudara itu berhasil mencatatkan rekor tak terkalahkan dalam tujuh pertarungan yang semuanya dimenangi dengan KO/TKO.

    Sementara lawan Ongen, Nanthawat, merupakan lawan yang reputasinya tak sembarangan. Petinju Thailand tersebut sebelumnya memegang rekor tak terkalahkan sebanyak enam laga usai menjatuhkan lawan-lawannya, namun harus menyerah ketika berhadapan dengan Ongen.

    Bagi Ongen, kemenangan atas Nanthawat terasa istimewa karena terjadi di luar Indonesia.

    "Ini tanding perdana internasional," kata Ongen kepada Kompastimur.com via pesan WhatsApp, Minggu (8/9).

    Dalam pertandingan melawan Nanthawat, Ongen memanfaatkan dua ronde awal untuk mengenali gaya bertarung Nanthawat. Sebab, Nanthawat cukup tahan pukulan kendati memiliki rusuk yang lemah.

    “Iya Dia (Nanthawat) tahan pukulan, tapi rusuk lemah,” ucap Ongen yang juga lulusan SMA Negeri 4 Ambon Tahun 2011 ini.

    Ongen mengaku mempersembahkan kemenangan ini untuk kedua orang tuanya di Desa Waenibe, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku.

    “Kemenangan ini saya persembahkan untuk Bapak dan Mama di Waenibe serta keluarga besar semua,” ucapnya.

    Lanjut Ongen, dengan bergabungnya ia pada Mahkota Promotion menjadikan masa depannya di dunia tinju kian terarah.

    “Saya sudah bergabung dengan Mahkota Promotion jadi sudah terarah pertandingan saya nanti. Mahkota Promotion itulah yang membesarkan nama Bang Chris Jhon dan Bang Daud Yordan,” terangnya. Kedepannya saya pasti lebih giat berlatih, gak pernah puas, karena mempertahankan lebih sulit dari pada mengambil Juara ini,” ujarnya.

    Tambah Ongen, setelah kembali ke Indonesia, dirinya akan beristirahat beberapa hari dan akan lanjut latihan lagi. Sebab, dirinya akan melakukan persiapan beberapa bulan kedepan untuk menghadapi pertandingan mempertahankan gelar pertamanya ini yang kemungkinan akan berlangsung di Indonesia.

    Sementara soal targetnya kedepan di dunia tinju, Ongen berharap dengan giat berlatih bisa menjadi Juara Dunia nantinya sehingga bisa terus mengharumkan nama Indonesia nantinya di kanca tinju internasional.

    “Untk target pasti Juara Dunia, tapi untuk dapatkan itu harus kerja keras lebih giat lagi,” ucap Ongen yang juga prajurit TNI AU itu.

    Diakhir keterangannya kepada wartawan media ini, Ongen pun menaruh harapan kepada Pemerintah Kabupaten Buru, tempat kelahirannya untuk kedepannya bisa memberikan perhatian lebih serius lagi kepada dunia olahraga sehingga berbagai talenta muda di daerah itu bisa mengukir prestasi kedepannya di tingkat nasional maupun internasional.

    “Mudah-mudahan pemerintah Kabupaten Buru bisa memperhatikan olahragajuga, biar tidak tertinggal dari kota-kota besar,” tuturnya. (KT-01)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Tumbangkan Petinju Thailand, Ongen Saknosiwi Harumkan Nama Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Kompas Timur
    loading...
    Scroll to Top