• Headline News

    Monday, September 9, 2019

    TB Insan Cita-LBA Peringati Hari Aksara Internasional


    Lagu Terbaik Tahun 2021
    SBT, Kompastimur.com 
    Taman Baca Insan Cita dan Lapak Baca Arganesha (LBA) di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) resmi memperingati Hari Aksara Internasional (HAI) yang ke-54 Tahun 2019, pada Minggu (08/09/19) di Bula.

    Kepala Pemerintah Negeri Administrasif Kampung Wailola, Kecamatan Bula, Yusran Buatan mengatakan, TMB Insan Cita menjadikan tahun ini sebagai pusat kajian literasi, karena kurung waktu selama 54  tahun Hari Aksara Internasional, baru pertama kali ada kegiatan untuk memperibgati hari besar tersebut di Kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa ini.

    "kegiatan ini untuk memperingati HUT HAI yang diperingati di Taman Baca Insan Cita yang sudah bekerjasama dengan Lapak Baca Arganesha. Tidak salah kalau tempat ini saya juluki sebagai pusat kajian literasi," ucap Buatan.

    Sebagai Kepala Desa Wailola, Buatan mengakui, kegiatan bacarita pendidikan dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional, yang bertema "Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat" ini sangat menunjang Sumber Daya Manusi (SDM). 

    Olehnya itu, dirinya bertekad akan memasukan kegiatan literasi dalam Rancangan Anggaran Belanja Desa Wailola.

    "Kegiatan seperti itu membantu pengembangan SDM dari segi pendidikan. Kami usahakan masuk RAB 2019. Dan kita akan jadikan contoh buat desa lainya. Tentang bagaimana pentingnya merawat pendidikan," kata Buatan.

    Selain itu, Staf Dinas Pendidikan Bidang Budaya Pemuda Dan Olahraga, Awalludin La Idi mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan kedua pegiat literasi tersebut.
    "Mewakili Dinas Pendidikan, kami sangat mengapresiasi kegiatan literasi ini. Karena sangat membantu kami di Dinas," tutur Awaluddin.

    Pihaknya juga menginginkan, kegiatan literasi seperti ini tidak hanya dilaksanakan pada hari tertentu saja. Namun dapat dilakukan setiap hari yang bisa dijangkau, sehingga ikut mencerdaskan anak bangsa di Kabupaten Seram Bagian Timur. 

    "Kami harap kegiatan seperti ini bisa berlanjut," harapnya. (KT/FS)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: TB Insan Cita-LBA Peringati Hari Aksara Internasional Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top