• Headline News





    Friday, September 20, 2019

    Kebakaran Hutan dan Lahan Meluas, Suku Mausu Ane Mengungsi


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Malteng, Kompastimur.com 
    Bencana kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi, kali ini kebakaran hutan dan lahan terjadi di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Titik api dilaporkan kembali muncul di Kilo Meter 12, Desa Saka, Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah.

    Dilaporkan sebanyak 30 kepala keluarga (KK) Suku Mausu Ane yang berdiam di kawasan Gunung Maneo terpaksa mengungsi ke Kali Telupa, Negeri Maneo Rendah akibat kebakaran hebat yang meluas ke lokasi tempat tinggal mereka.

    Bob Rahmat, Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kabupaten Malteng, kepada Awak Media di kantornya, Kamis (19/9/19) membenarkan adanya titik api baru yang muncul di KM 12 Desa Saka tersebut.

    “Titik api muncul lagi di jalan kilo meter 12 Desa Saka,” ucap Bob.
    Guna mengatasi hal tersebut, kata Rahmat, pihaknya telah mengarahkan dua unit mobil pemadam ke TKP. 
    “Dua mobil pemadam sedang diarahkan untuk lakukan pemadaman disana dilokasi kebakaran,” sebutnya.

    Dikatakan, lokasi  kebakaran hutan dan lahan di Desa Saka pernah terjadi beberapa waktu lalu. Dan saat itu pihaknya telah berhasil memadamkan apinya bersama relawan anggota TNI/Polri.

    Sekedar diketahui, sebelumnya kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di beberapa kecamatan yang meliputi Kecamatan Seram Utara Barat, Seram Utara, Seram Utara Timur Seti, dan Seram Utara Timur  Kobi.

    Terpisah Kapolsek Seram Utara, AKP. Denny Sandera saat dikonfirmasi Wartawan membenarkan adanya kebakaran tersebut.

    Sandera mengakui,  Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Kecamatan Serut, Serut Timur Kobi dan Serut Timur Seti Malteng makin meluas, sampai saat ini api belum bisa dipadamkan lantaran kemarau panjang disertai angin kencang membuat tim sukar mengendalikan bencana tersebut.

    Menurutnya, kondisi itu telah menyebar kesejumlah titik dan mengakibatkan pihak TNI/Polri, BPBD dan dibantu warga setempat mengalami kewalahan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya.

    Dirincikan, peristiwa kebakaran hutan di petuanan Negeri Maneo Rendah, terdapat tiga titik api. Pertama pada hutan Popoula yang terbakar seluas 50 hektar. Titik kedua ada pada Gunung Ulakoi yang terbakar seluas 200 hektar dan titik ketiga pada gunung Yamalise seluas 200 hektar.

    “Jadi, total luas hutan dan lahan yang terbakar ada sekitar 450 hektar,” urainya.

    Sedangkan, jarak dari tiga titik kebakaran tersebut, antara 10 KM hingga 15 KM. Kondisi ini juga yang membuat puluhan KK Suku Mausu Ane mengungsi ke kawasan Kali Telupa, Negeri Maneo Rendah.

    “Mereka sekitar 30 KK, yang telah mengungsi di Kali Telupa,” tutupnya. (KT/08)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kebakaran Hutan dan Lahan Meluas, Suku Mausu Ane Mengungsi Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top