• Headline News


    Tuesday, August 27, 2019

    Warga Batu Merah Demo Tolak Penggusuran


    Ambon, Kompastimur.com  
    Puluhan warga Batu Merah, Kecamatan Sirimau, khususya yang tinggal di sepanjang jalan Jenderal Sudirman, Ambon, melakukan aksi unjuk rasa di kantor Balai Kota Ambon, Senin (26/08/2019).

    Aksi warga ini dilakukan dalam rangkah meminta penjelasan dari Walikota Ambon, Ricard Louhenapessy, atas rencana penggusuran rumah-rumah mereka yang berada di pinggiran jalan sepanjang jalan Jenderal Sudirman.

    Menurut para pendemo, status tanah yang saat ini mereka tinggal itu, bukan milik Pemkot Ambon, melainkan adalah milik warga Batu Merah dari Dati Nurlette. Hak kepemilikan ini dibuktikan dengan surat dari Mahkamah Agung (MA) tahun 2005 yang telah memenangkan sengketa areal tanah di wiilayah itu sehingga jika digusur sudah tentu melanggar hak kepemilikan warga.

    Sementara Kordinator Aksi, Muthalib Ridwan Walla, mengatakan, tahun 2013 lalu, mereka telah melakukan perjanjian bersama Walikota dan DPRD Kota Ambon.

    Dimana isi dari perjanjina itu, yakni, boleh melakukan penggusuran untuk pelebaran jalan sebanyak 11,5 meter dari bibir jalan. Namun pada 2019 ini, Pemkot telah menabrak kesepakatan itu dan berencana akan melakukan penggusuran lagi sebanyak 25 meter.

    “Ini berarti Pemkot dan DPRD Kota Ambon telah melanggar kesepakatan yang sudah dibuat bersama. Ini tidak adil bagi kami masyarakat,” tandas Ridwan.

    Sedangkan salah satu pedagang yang bisanya berjualan di areal jalan Jenderal Sudirman itu, mengatakan, selama ini mereka juga telah membayar pajak dan distribusi setiap hari kepada Pemkot Rp.2.000 hingga Rp. 10.000 per harinya.

    “Kami bayar pajak, kenapa warung-warung kami juga digusur pak, padahal kami setia dan selalu membayar restribusi untuk Pemkot,” teriak salah satu pendemo dengan nada keras. (KT/12)


    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Warga Batu Merah Demo Tolak Penggusuran Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top