• Headline News

    Tuesday, August 6, 2019

    Sopi dan Adat Cuci Saki Sambut Peserta SIDAYR 2019


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimur.com 
    Minuman sopi dan proses adat cuci kaki dilakukan oleh pemuda adat Amahusu menyambut peserta hari ke-2 Spice Island Darwin-Ambon Yacht Race (SIDAYR) tahun 2019 di pantai desa tersebut.

    Colie merupakan perahu ke-2 yang masuk Finis pukul 14:52, WIT, Cockatoo merupakan perahu ke-3 masuk garis finis pukul 16:10 WIT, dan perahu ke-4 Wallop masuk finis di Pantai Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Selasa (6/8/2019).

    Sebelumnya, perahu yang pertama masuk finis adalah Antipodes, di ikuti ke empat kapal tersebut yang berasal dari Australia.

    Perahu layar Colie dengan Nakhoda Douglas Sallis bersama 8 anak buah memasuki garis finis di Pantai Amahusu, sementara Cockatoo dengan Nahkoda Debra Leigh Negus bersama 5 anak buah.

    Ketiga perahu layar disambut oleh Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, Sekertaris Kota Ambon, Asisten II Pemerintah Kota Ambon Roby Silooy, OPD Pemkot Ambon dan masyarakat, dan petuah-petuah adat dari Amahusu dengan minum Sopi dan Cuci kaki.

    Syarif dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan SIDAYR 2019 agak berbeda dari tahun sebelumnya karena bertepatan dengan 30 tahun kerja sama kota kembar (sister city) Darwin-Ambon, dan penyambutan memiliki makna tersendiri dan yang dilaksanakan secara Adat di Amahusu.


    “Perjalanan yang cukup cepat, padahal baru dilepaskan pukul 10.00 di Darwin dan kemarin dan hari ini sudah tiba  pelabuhan Amahusu. Perjalanan 3 kapal finis kedua dan perjalanan yang paling melelahkan tetapi sangat menikmati,” katanya.

    Diharapkan di tahun kedepan bukan hanya 10 perahu tetapi, Pemkot membuka diri untuk banyak perahu untuk berlayang dan menyinggahi pantai Amahusu.

    “Mudah-mudahan di tahun-tahun mendatang banyak perahu ikut lagi,” imbuhnya. (KT/12)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sopi dan Adat Cuci Saki Sambut Peserta SIDAYR 2019 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top