• Headline News


    Thursday, August 1, 2019

    Perengkingan Akan Dihilangkan Dari Sistem Pendidikan di Ambon


    Ambon, Kompastimur.com
    Guna meningkatkan kepribadian anak dalam menempu pendidikan di sekolah, Walikota Ambon Richard Louhenapessy akan meniadakan sistem ranking atau hasil akhir yang diterima oleh siswa/siswi dalam proses belajar pada jenjang pendidikan di Kota Ambon.

    “Tidak ada sistem ranking pada jenjang pendidikan sesuai instruksi Walikota Ambon, karena dianggap menghambat kepribadian anak didik,” kata Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Ambon, Merry Mairuhu kepada wartawan di Ambon, Rabu (31/7).

    Katanya, sistem ranking semata-mata dibuat oleh pihak sekolah untuk mendukung dan memacu para siswa agar giat belajar. Namun, pada kenyataannya kemampuan semua anak tidaklah sama karena tergantung dari kehidupan sehari-hari di rumah.

    Buukan hanya itu, saat sistem ranking dievaluasi akan memberikan dampak yang buruk seperti keegoisan yang dimunculkan oleh anak-anak tersebut, sehingga beranjak ke jenjang yang lebih tinggi pendidikannya,  maka anak  tidak ingin berbaur dengan anak-anak yang lainnya dan itu sangat mempengaruhi psikologi mereka.

    “Disaat anak yang mendapatkan ranking, orang tua justru sangat bangga, apalagi saat didepan umum, sementara perankingan sangat menghambat kepribadian anak yang lain yang belum bisa mendapat rengking terbaik,” ucapnya.

    Kedepannya, lanjut Mairuhu, sistem ranking akan ditiadakan. Dan soal prestasi dari para siswa hanya guru dan Dinas Pendidikan saja yang mengetahuinya, karena dengan begitu tidak ada yang terganggu dalam proses belajar mengajara maupun keberadaan siswa saat bergaul.

    “Jadi yang dapat mengetahui anak mampu dan tidak hanyalah guru kelas, maka ranking yang dicapai oleh seorang anak tidak lagi disampaikan di depan kelas hanya pihak sekolah yang tau,” tandas Mairuhu. (KT/12)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Perengkingan Akan Dihilangkan Dari Sistem Pendidikan di Ambon Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top