• Headline News

    Monday, August 19, 2019

    Pencanangan Pin Bursa Pertukaran Inovasi Desa Klaster III Pulau Kur Digelar


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Tual, Kompastimur.com
    Bursa Inovasi Desa Klaster III yang terdiri dari Kecamatan Pulau Pulau Kur dan, Kecamatan Kur Selatan telah digelar Jumat ini.

    Hal ini diungkapkan oleh Ketua TPID Kecamatan Kur Selatan Lukman Mafinanik, kepada Kompastimur.com, Jumat (16/08/2019) di Tual.

    Lukman  mengatakan, Kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 Juli di Aula Kantor Kecamatan Pulau Pulau Kur.

    Dalam Acara yang dibuka langsung oleh Camat Kecamatan Pulau Pulau Kur Lajania Madamar, Lukman Mafinanik Selaku ketua Panitia Bursa sekaligus (Ketua TPID Kur Selatan), menjelaskan bahwa acara Bursa Inovasi Desa Klaster III Pulau Kur di laksanakan dengan menghasilkan Komitmen dari Desa-Desa, baik Desa di Kecamatan Pulau Pulau Kur dan Desa di Kecamatan Kur Selatan.

    “Komitmen itulah yang akan di dorong dalam musyawarah dan bahkan pada Musrenbang 2020 nanti,” ucap Mafinanik.

    Selain itu dalam acara di Bursa Inovasi Desa Panitia melakukan Pencanangan Penempatan Pin Logo Bursa Inovasi Desa kepada kedua Camat, Kapolsek, Dandramil, Kepala Kantor KUA dan perwakilan Kepala Desa.

    “Hal ini adalah wujud mengerakan semua pihak untuk sama-sama sukseskan penggunaan Dana Desa lewat kegiatan Bursa Inovasi Desa ini,” ujar Ketua Panitia BID Klaster III Pulau Kur.

    Menurutnya lewat bursa inovasi ini dapat di sajikan menu-menu bursa yang baik  lewat kamar kamar Bursa yang telah di sediakan di BID.

    “Kamar-kamar Bursa antara lain Sumber Daya Manusia (SDM), Infrastruktur, Kewirausahaan dan Ekonomi,” terangnya sambil menambahkan bahwa melalui Dana Desa, masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja sendiri sehingga tidak lagi memiliki ketergantungan terhadap jenis bantuan lain dari Pemerintah.

    Lanjutnya, lewat Bursa Inovasi Desa pengunaan Dana Desa bisa jauh lebih baik dalam penggunaanya. Karena Dana Desa jika dikelola dengan baik dan benar akan membawa perubahan yang besar bagi desa.

    "Lewat Kegiatan Bursa Inovasi Desa ini untuk menjadi nilai yang harus di perjuangan dalam ABBDes 2020 namun sebelumnya si kawal lewat Musrenbang 2020 nanti, untuk itu dalam Inovasi baik di bidang SDM, infrastruktur maupun kewirausahaaan, Kepada Pemerintah Desa baik di Kecamatan Pulau Pulau Kur dan Kur Selatan pada khususnya dan Kota Tual pada umumnya bisa memahami tantangan dan potensi desa yang ada di desanya sehingga melalui dana desa ini,  masyarakat dapat menciptakan lapangan kerja sendiri agar tidak memiliki ketergantungan terhadap bantuan pemerintah Kota Tual dan Pemerintah Pusat ," tandasnya.

    Selain itu., Ketua TPID Panitia Klaater III Pulau Kur berharap, pihak desa dan masyarakat desa harus mampu mengembangkan semua potensi dasar yang ada di desanya masing-masing, sehingga Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Desa bisa dimanfaatkan oleh desa sehingga ikut menambah Pendatan Asli Desa (PAD) serta desa mampu mengembangkan potensi-potensi yang ada di desa masing-masing sehingga agar ada PAD dari hasil Komitmen dalam BID Klaster III Pulau Kur. (KT/*)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pencanangan Pin Bursa Pertukaran Inovasi Desa Klaster III Pulau Kur Digelar Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top