• Headline News


    Friday, August 2, 2019

    Pembangunan Taman Pasar Baru, Wakil Rakyat Tidak Tahu


    SBT, Kompastimur.com  
    Tiga Anggota DPRD Seram Bagian Timur (SBT) yang hadir sebagai narasumber pada dialog Publik dengan tema “Membangun SBT dari Desa” yang digelar pada Rabu (31/07/2019) malam yang dipusatkan di Hunimua Café tersebut tidak mengetahui tentang pengalokasian anggaran yang diperuntukan untuk pembangunan taman pasar baru serta tempat hiburan dan tempat makan.

    Hal ini dinilai lucu oleh Hanafi Rumbouw, Wakil Ketua Bidang Pembangunan DPD KNPI SBT, Kamis (01/08/2019).

    Rumbouw mengatakan, anggaran bernilai milyaran Rupiah yang dialokasikan  untuk proyek ini jika  tidak diketahui oleh para wakil rakyat di gedung parlemen maka itu sangat lucu dan tidak  rasional, sehingga dirinya menilai apa  yang diutarakan oleh para wakil rakyat merupakan bentuk kekeliruan, karena semua anggaran pembangunan pada daerah ini dibahas dan disahkan di DPRD SBT.


    "Saya tidah habis pikir 3 anggota DPRD SBT tidak tahu ada sekian anggaran dari APBD  untuk pembangunan pantai rolex," ucap Rumbouw dengan nada keheranan.

    Selain itu rumbouw menambahkan, jika saat pembahasan hingga penetapan APBD tidak ada anggaran yang alokasikan untuk proyek tersebut, maka  perubahan alias revisi anggaran tersebut dilakukan oleh eksekutif tanpa sepengetahuan DPRD SBT.

    Maka pertanyaannya adalah, apa pertimbangan eksekurif sehingga mengalokasikan anggaran milyaran rupiah tersebut untuk pembangunan di pantai rolex?.

    Mestinya setelah merevisi, harus dialihkan ke program yang berbasis kebutuhan mendasar rakyat. Mestinya pemerintah dalam pengalokasian anggaran harus melihat pada kondisi geografis daerah ini.
    Dirinya mencontohkan, Kabupaten SBT yang berbasis kepulauan ini mestinya pemerinyah daerah mengambil langkah untuk memberikan suntikan dana kepada Perusahan daerah yang mengelola Fery sehingga bisa kembali melayani masyarakat SBT yang saat ini kesulitan masalah transportasi, terutama masayakat yang berada di Kecamatan Wakate, Teor, Amarsikaru, dan kecamatannya lainnya.

    "Ketiga anggota DPRD berdalil bahwa Bupati memiliki kewenangan untuk merevisi APBD yang sudah ditetapkan, lantas apa pertimbngan Eksekutif untuk mengalokasikan anggaran yang begitu besar ke Pantai Rolex yang lebarnya hanya sejengkal. Masih banyak kebutuhan mendasar lain yang mesti diprioritaskan. Perusda yang selama ini berharap ada suntikan dana agar Kapal Fery yang dikelolah bisa kembali  beroperasi untuk kebutuhan masyarakat di daerah maritim Seram Bagian  Timur ini. Masyarakat Pulau Teor, Kesui Watubela, Pulau Gorom, amarsekaru dan Pulau Panjang kesulitan transportasi.  dimana perhatian pemerintah?," tanya Rumbouw.

    Anggota DPRD SBT yang hadir sebagai narasumber pada dialog Publik ini adalah Arobi Kelian, Bahrum Wadjo dan Ahmad Voth.

    Wacana ini muncul saat salah satu peserta yang hadir pada acara dialog publik tersebut mempertanyakan anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Pantai Rolex, namun salah satu narasumber yakni Ahmad Voth yang juga duduk di badan anggaran DPRD SBT ini mengatakan, saat pembahasan  pada badan anggaran DPRD SBT maupun sampai pada penetapan APBD Tahun Anggaran 2019  tidak terdapat alokasi anggaran untuk belanja pembangunan taman pasar baru serta tempat hiburan  dan tempat makan yyang dipusatkan tepat di pantai rolex.

    Bahkan pada kesempatan tersebut, Voth mengklarifikasi bahwa tidak ada anggaran yang diperuntukan  untuk proyek  tersebut.

    "Kebetulan saya ini di Banggar. Tidak  ada anggaran untuk pembangunan di pantai rolex, lewat ini saya mengklarifikasi informasi itu dan sampaikan kepada masyarakat bahwa tidak ada," kata Voth.

    Sekedar diketahui, belanja pembangunan Taman Pasar Baru serta tempat hiburan dan tempat malam masuk dalam APBD  yang saat ini telah masuk daftar lelang, pagu dari  proyek tersebut sebesar Rp.6.370.000.000 lewat dinas Perumahan Rakyat dan kawasan pemukiman TA 2019. (KT/FS)

    Baca Juga

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pembangunan Taman Pasar Baru, Wakil Rakyat Tidak Tahu Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    Scroll to Top