• Headline News





    Friday, August 23, 2019

    Lesnussa Buka FGD Pra-Studi Kelayakan Pembangunan Pelabuahn Laut


    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Namrole, Kompastimur.com 
    Assisten III Bidang Administrasi Umum Rony Lesnussa resmi membuka Focus Group Discussion (FGD) Pra-Studi Kelayakan Pembangunan Pelabuahn Laut lokasi Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Provinsi Maluku tahun 2019.

    FGD ini berlangsung di aula Penginapan Golden Alfre’s, Kamis (23/08/2019) dan di hadiri oleh Kadis Perhubungan Kabupaten Bursel Sukri Muhammad, narasumber oleh kepala KPLP Namrole Margarita Wattimury dan Sri Ida dari Bagian Perencanaan Dirjen Kementrian Perhubungan Republik Indonesia serta tamu undangan lainnya.

    Lesnussa saat membacakan sambutan Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa mengatakan bahwa sesuai undang-undang Republik Indonesia nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran mengindikasikan perlunya penyediaan ifrastruktur pelabuhan sebagai tempat perpindahan intra dan antarmoda transportasi.

    “Pembangunan pelabuhan harus direncanakan secara tepat, memenuhi persyaratan teknis pelabuhan, kelestarian lingkungan dan memperhatikan keterpaduan intra dan antarmoda transportasi,” ucap Lesnussa.

    Sehingga, lanjutnya, dalam rangka menunjang kegiatan pembangunan pelabuhan diperlukan sebuah studi yang dapat memberikan gambaran secara komprehensip tentang kelayakan pada beberapa aspek yang dianggap penting sebelum dimulainnya pembangunan.

    Dijelaskan, berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Dalam Negeri Nomor PM 112 tahun 2017 tentang pedoman dan proses perencanaan dilingkungan Kementrian Perhubungan bahwa pra studi kelayakan merupakan suatu preliminary Appraisal studi kawasan terhadap potensi permintaan guna mengetahui secara indikatif apakah suatu rancangan kegiatan layak untuk dikaji dengan studi kelayakan atau tidak.

    “Penyusunan pra kelayakan pembangunan laut diharapkan dapat diperoleh prioritas dasar penentuan strategi dan skenario pengembangan pelabuhan laut dalam suatu wilayah," ucapnya.

    Diaktakan, Pemda Bursel berharap dengan terselenggaranya kegiatan FGD ini dapat membantu dalam menentukan prioritas pembangunan pelabuhan di Bursel sesuai dengan kriteria kelayakan.

    “Daerah berharap melalui kegiatan ini dapat menentukan prioritas pembangunan pelabuhan baru berdasarkan kriteria kelayakan teknis, ekonomi, sosial dan lingkungan yang disesuiakan dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah,” tutupnya. (KT/02)


    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Lesnussa Buka FGD Pra-Studi Kelayakan Pembangunan Pelabuahn Laut Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top