• Headline News


    Friday, August 2, 2019

    Jokowi Berikan 186 Rumah Bagi Warga Ambon

    Lagu Terbaik Tahun 2021

    Ambon, Kompastimur.com
    Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sebanyak 186 rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk di renovasi maupun rehabilitas dengan standar  yang ditetapkan.

    Dari 186 rumah yang akan renovasi maupun rehabilitas berasal dari 10 desa yang berada di Kota Ambon.

    Penyerahan bantuan pemerintah Pusat ini dilakukan secara simbolis dengan penyerahan berupa buku tabungan Bantuan Rumah Swadaya (BRS) dan diserahkan lansung Walikota Ambon, Richard Louhenapessy kepada awak media di Hotel Elisabet, Jumat (2/8/2019).

    Louhenapessy disela-sela kegiatan tersebut menuturkan, bantuan dari Kementerian PRKP, dan tahun 2019 masing-masing Kepala Keluarga (KK) menerima sebesar Rp17.500.000, yang terbagi untuk pembelian material sebesar Rp.15 juta dan untuk upah kerja sebesar Rp.2,5 juta.

    Dijelaskan, untuk masyarakat yang menerima bantuan ini bukan langsung ditunjuk atau hasil lobi-lobi namun untuk renovasi dan rehabilitasi bagi MBR ini, sebelumnya sudah dilakukan survei oleh Dinas PRKP Kota Ambon.

    Nanti, lanjutnya, dalam pekerjaan renovasi maupun rehabilitasi akan mendapat pengawasan dari dinas.

    Kendati demikian, Ia berharap semoga tidak ada masalah untuk tahap ini dan jika semuanya berjalan baik, maka tidak menutup kemungkinan tahun depan, Kota Ambon bisa mendapatkan bantuan lagi.

    "Saya minta nanti dinas lakukan pemantauan secara rutin, supaya bantuan itu diperuntukan sesuai dengan kebutuhan. Jangan sampai mereka dapat uang lalu bikin yang lain, akhirnya rumahnya kelihatan tak diperbaiki,” tukasnya.

    Ditegaskan, untuk 186 rumah yang mendapatkan bantuan ini, bukan berdasarkan undi, namun berdasarkan indikator-indikator yang ditetapkan, dan semuanya transparan. Dibeberkan, salah satu indikator penting adalah soal kepemilikan tanah dan rumah sendiri dan bukan sewa.

    ‘’Jadi, penerima bantuan adalah mereka yang telah lolos dalam berbagai tahapan, baik administrasi maupun teknis, yang dilakukan oleh tim teknis dan tenaga fasilitator lapangan,’’ terangnya.

    Pada kesempatan itu, Louhenapessy mengapreseasi atas kinerja Dinas PRKP Kota Ambon yang mampu mendapatkan award dari pemerintah pusat sebagai kota dengan kinerja terbaik dalam pelaksana DAK Tahun 2018 Bidang Perumahan Rakyat se wilayah timur Indonesia.

    “Saya bangga dan memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Dinas PRKP Kota ambon yang mampu membawa kota ambon menjadi kota dengan kinerja terbaik dalam pelaksana DAK Tahun 2018 Bidang Perumahan Rakyat se wilayah timur Indonesia,” puji Louhenapessy. (KT/12)



    Baca Juga

    loading...
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Jokowi Berikan 186 Rumah Bagi Warga Ambon Rating: 5 Reviewed By: Redaksi
    loading...
    Scroll to Top